View Full Version
Ahad, 03 May 2015

Memakai Rok Panjang, Siswi di Perancis Diusir dari Sekolah

Sarah (15 tahun), salah satu siswi di Perancis ini menjadi trending topic di twitter karena kasus Islamophobia. Ia diusir dari sekolah hanya karena memakai rok atau gaun panjang. Gaun ini dianggap vulgar dan mencolok sehingga ia diusir. Sarah boleh masuk sekolah apabila telah berganti pakaian dengan ‘pakaian normal’.

Hal ini diakui oleh Patrice Dutot, pegawai diknas setempat. Sarah awalnya memakai kerudung tapi dipaksa untuk melepaskan, dan itu sudah diturutinya. Sekarang ketika Sarah memakai rok panjang, dipermasalahkan lagi. Bahkan rok panjang yang dipakai Sarah didefiniskan sebagai tindakan provokatif. Edan!

Sarah ini tidak sendiri, ada 130 siswi lain yang mengalami kasus serupa sebagaimana dilaporkan oleh CCIF (organisasi yang memantau islamophobia di Perancis).

...Ia diusir dari sekolah hanya karena memakai rok atau gaun panjang. Gaun ini dianggap vulgar dan mencolok sehingga ia diusir...

“Ini adalah gaun yang biasa dan sederhana. Apanya yang vulgar dan mencolok? Gaun ini sama sekali tidak menunjukkan lambang satu agama tertentu,” kata Sarah pada surat kabar setempat, L’Ardennais.

Dengan hastag #JePorteMaJupeCommeJeVeux, yang terjemahannya kurang lebih ‘Aku memakai gaunku sesuai seleraku’, kisah Sarah mendapat banyak tanggapan. Salah satunya adalah ‘Jika yang memakai gadis berkulit putih maka orang menyebutnya cewek keren. Tapi bila muslim yang memakainya, maka disebut vulgar dan mencolok.’

Saat Sarah dipulangkan, ayahnya melarangnya kembali ke sekolah. Hal ini diakui oleh Patrice Dutot. Sebagai ayah yang berusaha melindungi putrinya, tindakan ayah Sarah ini tepat. Ayah mana yang rela putrinya disuruh memakai pakaian normal dengan standar Perancis yang itu artinya rok mini?

Jelas sekali, Perancis dengan Parisnya yang selama ini diagung-agungkan sebagai pusat fashion dunia itu artinya semua mode asal tidak menutup aurat. Semakin terbuka itu adalah semakin baik. Semakin tertutup itu artinya semakin vulgar, mencolok dan provokatif. Baju jenis ini diidentikkan dengan lambang agama tertentu yaitu Islam.

Mereka lupa bahwa Bunda Maria yang diabadikan dalam bentuk lukisan dan patung dalam keyakinan mereka pun memakai baju juga panjang lengkap dengan kerudungnya. Lalu apa yang membedakannya dengan rok panjang yang dipakai oleh Sarah? (dbs/riafariana/voa-islam.com)

Ilustrasi: islamophobie.net

 


latestnews

View Full Version