View Full Version
Selasa, 19 Nov 2019

Fenomena Generasi Z

HAI sobat muda Muslim, tahukah kamu generasi Z? Generasi Z adalah generasi yang lahir dalam rentang tahun 1995 sampai dengan tahun 2010 Masehi. Generasi peralihan generasi Y dengan teknologi yang semakin berkembang. Mereka juga dikenal dengan generasi digital atau generasi net. Sejak lahir ke dunia, mereka sudah mengenal teknologi dan akrab dengan gadget. Hayo sobat Muslim termasuk generasi Z bukan?

Saat ini, ada fenomena yang membuat hati miris, saking akrabnya mereka dengan teknologi, ditambah makin banyaknya industri digital yang membuat berbagai aplikasi untuk smartphone, semakin memanjakan para penggunanya terutama generasi Z. Mulai dari kecanduan selfi, game online, kecanduan mobile legends sampai mengganderungi aplikasi tik tok. Mereka terhipnotis sampai membuang-buang waktu, bahkan sampai seorang muslimah menguplod video dengan membuka aurat, nauzubillah.

Sebenarnya yang membuat prihatin ketika mereka tidak menggunakan teknologi dengan bijak. Padahal, hukum asal benda adalah mubah, sampai ada dalil yang mengharamkannya. Ya, benda itu tergantung untuk apa digunakan. Bisa menjadi sarana kebaikan ataupun keburukan, membangkitkan atau menenggelamkan. Itu adalah pilihan penggunanya.

Tentu saja, yang sering kita dengar banyak pengguna gawai terutama generasi Z, tidak bisa memanfaatkan teknologi dengan sebaik-baiknya sehingga berakibat buruk. Sangat disayangkan sekali, padahal mereka adalah generasi penerus.

Kurangnya kontrol orang tua merupakan salah satu faktor penyebab munculnya generasi Z yang alay begitu juga lingkungan yang rusak, teman yang menjerumuskan, juga tontonan buruk yang sering mereka saksikan. Kebanyakan para orang tua selalu was-was apabila di dalam rumah penjagaannya ketat, saat di luar rumah bertemu dengan lingkungan yang rusak jadi membebek terjerumus dalam keburukan.

Dari faktor- faktor yang disebutkan di atas ternyata lebih banyak menjerumuskan dibanding membangkitkan, karena didukung sistem yang rusak. Eeiits hati-hati ya sobat Muslim.

Maka jadilah generasi Z yang cerdas menggunakan teknologi untuk kebangkitan dan kemuliaan Islam, bukan malah melalaikan dan menjauhkan dari Islam.

Tentu tidak mudah sobat. Namun bukan berarti tidak bisa dilakukan. Bagaimana caranya? Mulailah untuk mengkaji ilmu-ilmu Islam. Dengan ilmu Islam inilah akan tahu mana aturan-aturan Allah yang boleh dan tidak boleh. Dengan sudah memahami aturan-aturan Allah ini maka akan lebih mudah mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari sehingga senantiasa yang muncul adalah akhlak yang baik.

Harapan kita dari generasi Z ini akan melahirkan generasi yang jiwanya dipenuhi ruh keislaman, generasi yang punya cita-cita besar, generasi yang tidak mudah tunduk terhadap arus dunia. Bahkan, ia mampu menaklukan dunia dan akhirat serta siap berjuang demi kemuliaan Islam sebagaimana para sahabat terdahulu. Aamiin.*

Ayyuhanna Widowati, S. E. I

Guru tinggal di Depok, Jawa Barat


latestnews

View Full Version