View Full Version
Kamis, 30 Apr 2020

Ciptakan GoAnter, Alumni Madrasah Hadirkan Solusi di Tengah Covid

BANGKA TENGAH (voa-islam.com) - Alumni MAN Insan Cendekia Bangka Tengah angkatan II (bertajuk angkatan Vereinigen) yakni Faishal Fadillah berhasil menciptakan aplikasi Ojek Online di Kabupaten Bangka Barat. Aplikasi yang diberi nama "GoAnter" ini diharapkan Faishal dapat menjadi solusi bagi masyarakat di tengah kondisi darurat Covid-19 ini. 

"Awalnya saya terinspirasi untuk membantu kondisi perekonomian di Bangka Barat karena sepi di tengah Pandemi Covid 19 ini," ujar alumni jurusan IPS MAN IC Bangka Tengah ini, Rabu (29/04). 

Saat ini, menurut Faishal, aplilkasi GoAnter  mendapat trending #4, memiliki Hak Cipta serta dapat diunduh di layanan google play store.

"Alhamdulillah ini juga membuka lapangan kerja baru, yaitu ojek online di Kabupaten Bangka Barat," tutur Faishal.

Ia menuturkan, sampai dengan hari ini ada enam pengemudi yang bergabung dalam GoAnter.

"Masih ada 25 pendaftar lagi, tapi baru akan dilakukan seleksi terkait persyaratan identitas, surat-surat serta kendaraannya," ujar Faishal. 

Selain layanan ojek online, aplikasi GoAnter ini juga tersedia layanan antar makanan dan barang lainnya yang ingin dipesan.

"Sehingga pelanggan tidak perlu keluar rumah atau pergi ke Bangka Barat untuk membelinya," kata Faishal seperti dilansir dari laman resmi kemenag.go.id.

Faishal menambahkan dengan keberadaan GoAntee ini, penghasilan ojol bisa mencapai 50-60 ribu per hari.

"UMKM juga banyak yang merasa terbantu apalagi anjuran pemerintah di tengah Pandemi Covid 19 ini untuk warung makan dan sejenisnya agar tidak melayani makan di tempat," imbuhnya. 

Saat ini telah ada 31 UMKM tergabung dalam aplikasi dan ada 57 lagi UMKM yg mendaftar namun belum dikonfirmasi. "Karena memerlukan proses dalam memasukkan UMKM ke dalam aplikasi GoAnter ini," ungkap Faishal Fadillah.

Kepala MAN IC Bangka Tengah Misran mengaku salut dan bangga atas upaya Faishal untuk menghadirkan solusi bagi masyarakat di tengah kondisi darurat. "Kami bangga. Faishal dengan GoAnter-nya itu telah mampu menggerakan perekonomian masyarakat,"kata Musran.

"Adanya GoAnter itu juga sangat membantu program pemerintah dalam memutus mata rantai penyebaran Covid 19 khususnya di wilayah Bangka Barat," imbuh Musran. [syahid/voa-islam.com]


latestnews

View Full Version