View Full Version
Senin, 25 May 2020

Lebaran Seru #diRumahAja

 

Oleh: Isti Shofiah

Lebaran tahun ini atmosfernya terasa berbeda. Yang biasanya kumpul sekeluarga besar, silaturahim ke sanak saudara, kali ini kebiasaan itu tak bisa lagi dilakukan sebab masih terkurung oleh virus Corona.

Antara bahagia dan sedih tentunya. Bahagia bisa merasakan kembali hari raya idul fitri meski dengan suasana berbeda, tetapi juga sedih sebab bulan Ramadhan yang penuh ampunan telah usai. Semoga kemuliaan dan keberkahan Ramadhan berbekas dalam diri kita setelahnya.

Lebaran kali ini memang istimewa. Merayakan kemenangan di tengah pandemi covid-19 bukanlah perkara yang mudah. Sebab, hiruk-pikuk hari raya hanya dilakukan di rumah saja.

Agar atmosfer lebaran tetap terasa seperti tahun-tahun sebelumnya dan supaya tidak bosan di rumah saja. Beberapa hal berikut ini bisa di terapkan di rumah.

1. Dekorasi rumah. Membuat dekorasi khas hari raya akan membuat suasana rumah lebih terasa lebarannya dan pastinya akan sangat menyenangkan dengan melibatkan anak-anak dalam membuat kreasi-kreasinya. Tak perlu yang mahal, dari bahan-bahan murah pun jadi, seperti kertas HVS/buffalo yang dibentuk dengan berbagai gambar khas lebaran dan di tempel di sudut ruangan sesuai selera. 

2. Membuat kue dan masakan khas lebaran. Meskipun tak bisa mudik dan berkumpul keluarga besar, menyediakan kue dan masakan khas lebaran rasanya tetap perlu. Agar keluarga kecil kita tetap merasakan happynya makan bersama saat hari raya.

3. Memakai pakaian terbaik. Pakaian terbaik tidak harus baru ya, terlebih sedang wabah seperti ini tak perlu memikirkan baju baru. Cukup memakai pakaian yang kita miliki. Meski shalat id di rumah saja, tetap harus memakai pakaian terbaik yang kita miliki, bukan?

4. Dan apapun yang membuat happy sekeluarga, maka lakukanlah. Selama hal tersebut tak melanggar hukum Syara'. Mengingat pandemi yang masih betah bertahan membuat siapapun akan jenuh di rumah saja. Oleh karena itu, kondisi saat ini membuat setiap diri bahagia itu penting. Dan kebahagiaan itu bisa kita ciptakan sendiri bersama keluarga tersayang.

Semoga bermanfaat dan Happy Ied Mubarak. (rf/voa-islam.com)

Ilustrasi: Google


latestnews

View Full Version