View Full Version
Kamis, 10 Jun 2021

Pandemi Tidak Menyurutkan Semangat Berorganisasi Aktivis Dakwah Kampus

BANDUNG (voa-islam.com) - Pandemi sangat berdampak bagi dunia Pendidikan karena semua aktivitas diberhentikan.

Salah satunya adalah kegiatan organisasi, yang semula menjadi wadah bagi mahasiswa untuk berkreatifitas, mengembangkan potensi dan mencari pengalaman serta menambah relasi.

Namun disituasi saat ini menjadi tantangan tersendiri, hampir semua kegiatan dialihkan secara daring (dalam jaringan). 

Salah satu organisasi Lembaga Dakwah Mahasiswa (LDM) di Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung yang bergerak dibidang keagamaan memiliki banyak perubahan dimasa pandemi ini. Seperti halnya keberjalanan organisasi dan kegiatan dakwah yang harus dilaksanakan secara daring, tentunya banyak tantangan yang dirasakan ketika masa transisi dari yang awalnya semua kegiatan dilaksanakan secara luring (luar jaringan) mendadak berubah harus dilaksanakan secara daring. 

Kondisi pandemi menuntut setiap individu untuk dapat beradaptasi. Tidak heran jika tidak sedikit orang yang merasa kesulitan dalam menghadapi masa ini. Proses adaptasi tersebut juga memakan waktu yang cukup lama hingga dapat terbiasa. Selain itu pandemi juga membatasi banyak hal, salah satunya aktivitas UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa).

Ketua umum UKM LDM UIN Bandung, Fathan Abdul Fattah mengatakan awal terjadinya pandemi beberapa kegiatan tidak dapat berjalan dengan lancar, namun setelah beradaptasi banyak kegiatan di LDM yang dilakukan secara daring.

“Mungkin ketika kepengurusan sebelumnya beberapa kegiatan tidak berjalan, namun dikepengurusan saat ini kami sudah mulai beradptasi terhadap kondisi pandemi saat ini. Dan semua kegiatan yang kami lakukan sudah dapat dilakukan secara daring” katanya kepada voa-islam.com Rabu (09/06).

Kegiatan-kegiatan yang dilakukan di LDM yaitu mulai dari pembinaan internal, sekolah kebangsaan, kajian umum, dan beberapa kegiatan dakwah di masyarakat. Para aktivis UKM tentunya harus mempelajari fitur-fitur baru untuk menyelenggarakan kegiatan daring, dan salah satu concern LDM dimasa pandemi ini yaitu mengoptimalkan dakwah digital. Karena salah satu kelebihan dimasa pandemi ini adalah semakin berkembangnya dakwah digital.

Sebagai organisasi yang bergerak dibidang keagamaan, UKM LDM sudah selayaknya bisa meningkatkan rasa kemanusiaan terhadap sesama dengan saling peduli dan mengasihi satu sama lain apalagi dimasa sulit seperti saat ini.

Peran ukhuwah juga sangatlah penting bagi setiap organisasi keagaam khusunya bagi LDM UIN Bandung, karena hal terssebut juga menjadi salah satu hal agar tetap menjaga keaktifan anggota organisasinya. [zahra/rosdiyana/syahid/voa-islam.com]


latestnews

View Full Version