View Full Version
Ahad, 08 Sep 2019

Kepala Pengawas Nuklir PBB akan Bertemu Para Pejabat Iran

TEHERAN (voa-islam.com) - Penjabat kepala pengawas nuklir PBB, Badan Energi Atom Internasional (IAEA), akan melakukan perjalanan ke Iran akhir pekan ini untuk bertemu para pejabat tingkat tinggi negara itu.

IAEA mengatakan dalam sebuah pernyataan pada hari Jumat kemarin bahwa penjabat Direktur Jenderal Cornel Feruta akan melakukan perjalanan ke Teheran pada hari Sabtu untuk pertemuan dengan para pejabat tinggi Iran pada hari Ahadnya.

"Kunjungan itu adalah bagian dari interaksi yang sedang berlangsung antara IAEA dan Iran," kata pernyataan itu, menambahkan bahwa langkah ini termasuk verifikasi dan pemantauan IAEA di Iran di bawah Rencana Aksi Komprehensif Bersama (JCPOA), nama untuk kesepakatan 2015 dengan kekuatan dunia atas program nuklir Iran.

Pada hari Sabtu, para pejabat Iran diharapkan mengumumkan rincian putaran ketiga dari komitmen nuklir di bawah JCPOA, yang diumumkan oleh Presiden Iran Hassan Rouhani pada hari Rabu, dan mengatakan hal tersebut akan mempengaruhi bidang penelitian dan pengembangan.

Feruta melaporkan pekan lalu bahwa stok uranium yang diperkaya Iran telah secara signifikan melampaui batas yang ditentukan oleh pakta dan bahwa Iran terus memperkaya uranium pada tingkat kemurnian yang lebih tinggi dari yang diizinkan.

Kesepakatan nuklir - yang disepakati oleh Iran, Cina, Prancis, Jerman, Rusia, Inggris, Amerika Serikat dan Uni Eropa - memberi Teheran sanksi bantuan dengan imbalan menerima pembatasan pada program nuklirnya.

Ketegangan antara Iran dan pihak-pihak lain dalam kesepakatan telah meningkat sejak AS secara sepihak menarik diri pada 2018 dan menerapkan kembali sanksi ekonomi yang melumpuhkan.[aljz/fq/voa-islam.com]


latestnews

View Full Version