View Full Version
Rabu, 30 Oct 2019

Facebook Gugat Perusahaan Spionase Dunia Maya Israel Karena Meretas WhatsApp

AMERIKA SERIKAT (voa-islam.com) - Facebook Inc pada hari Selasa (29/10/2019) menggugat perusahaan spionasi cyber Israel NSO Group, menuduhnya meretas pengguna platform pengiriman pesan mereka, WhatsApp, awal tahun ini.

Aksi peretasan menargetkan wartawan, diplomat, aktivis hak asasi manusia, pembangkang politik, pejabat senior pemerintah dan lainnya, kata Facebook dalam gugatannya, diajukan di Pengadilan Distrik AS di San Francisco.

WhatsApp milik Facebook, yang juga merupakan penggugat dalam gugatan itu, mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa pihaknya percaya serangan itu "menargetkan setidaknya 100 anggota masyarakat sipil, yang merupakan pola pelecehan yang tidak salah lagi."

Co-founder dan perwakilan perusahaan NSO di Washington dan Tel Aviv tidak segera membalas pesan yang meminta komentar.

Facebook berupaya agar NSO dilarang mengakses atau mencoba mengakses WhatsApp dan layanan Facebook dan sedang mencari kerusakan yang tidak ditentukan.

NSO diduga menggunakan sebuah cacat pada WhatsApp untuk membajak telepon menyebabkan kekhawatiran internasional ketika diumumkan pada Mei tahun ini. NSO pada saat itu mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa pihaknya akan menyelidiki "dugaan penyalahgunaan yang dapat dipercaya" dari teknologinya. Mereka tidak mengomentari dugaan serangan spesifik.

WhatsApp mengatakan serangan itu mengeksploitasi sistem panggilan video untuk mengirim malware ke perangkat seluler sejumlah pengguna. Dikatakan pihaknya yakin 1.400 pengguna menjadi sasaran. Malware tersebut kemudian akan memungkinkan klien NSO - dikatakan pemerintah dan organisasi intelijen - untuk secara diam-diam memata-matai pemilik telepon, membuka kehidupan digital mereka hingga pengawasan resmi.

WhatsApp digunakan oleh sekitar 1,5 miliar orang setiap bulan dan sering disebut-sebut memiliki tingkat keamanan yang tinggi, termasuk pesan terenkripsi ujung ke ujung yang tidak dapat diuraikan oleh WhatsApp atau pihak ketiga lainnya.

"Ini adalah pertama kalinya penyedia pesan terenkripsi mengambil tindakan hukum terhadap entitas swasta yang telah melakukan jenis serangan terhadap penggunanya," kata WhatsApp dalam pernyataannya.

Perangkat lunak peretasan telepon NSO telah terlibat dalam serangkaian pelanggaran hak asasi manusia di Amerika Latin dan Timur Tengah, termasuk skandal spionase yang meluas di Panama dan upaya untuk memata-matai seorang karyawan kelompok hak asasi manusia yang berbasis di Amnesty International.

NSO berada di bawah pengawasan ketat atas tuduhan bahwa spyware-nya memainkan peran dalam kematian jurnalis Washington Post Jamal Khashoggi, yang dibunuh dan dipotong-potong di Konsulat Saudi di Istanbul beberapa tahun yang lalu.

Teman Khashoggi, Omar Abdulaziz, adalah satu dari tujuh aktivis dan jurnalis yang telah membawa perusahaan spyware ke pengadilan di Israel dan Siprus atas tuduhan bahwa ponsel mereka dikompromikan menggunakan teknologi NSO. Amnesty juga telah mengajukan gugatan, menuntut agar Israel mencabut izin ekspor NSO untuk "menghentikannya dari penindasan yang disponsori negara."

NSO telah lama berpendapat bahwa perangkat lunaknya digunakan untuk memerangi terorisme dan telah mencoba untuk membersihkan citranya setelah dibeli oleh perusahaan ekuitas swasta yang berbasis di London Novalpina Capital awal tahun ini. Pada bulan Agustus, salah satu pendiri NSO Shalev Hulio muncul di "60 Minutes" dan membual bahwa spyware-nya telah menyelamatkan "puluhan ribu orang." Dia tidak memberikan detail.

NSO juga membawa sejumlah penasihat terkemuka, termasuk mantan Gubernur Pennsylvania Tom Ridge dan Juliette Kayyem, seorang dosen senior keamanan internasional di Universitas Harvard. Bulan lalu, NSO mengumumkan akan mulai mematuhi pedoman PBB tentang pelanggaran hak asasi manusia. (ptv)


latestnews

View Full Version