View Full Version
Senin, 02 Dec 2019

Pejabat Huawei Sebut Perangkat 5G Mereka Bebas dari Komponen Amerika

AMERIKA SERIKAT (voa-islam.com) - Raksasa telekomunikasi Cina, Huawei, yang telah dimasukkan dalam daftar hitam oleh AS, telah berhasil memulai membuat perangkat tanpa komponen Amerika, menggantikannya dengan komponen yang bersumber di tempat lain.

Menurut analisis oleh UBS dan perusahaan teknologi Jepang Fomalhaut Techno Solutions, yang dilihat oleh Wall Street Journal, ponsel terbaru Huawei tidak memiliki komponen AS.

"Ketika Huawei keluar dengan ponsel kelas atas ini - dan ini adalah andalannya - tanpa konten AS, itu membuat pernyataan yang cukup besar," analis semikonduktor Grup Internasional Susquehanna, Christopher Rolland mengatakan kepadaWall Street Journal.

Handel Jones dari International Strategies mengatakan bahwa “independensi pasokan AS menunjukkan bahwa strategi AS dalam mencoba mengisolasi Huawei tidak berfungsi.”

Huawei dan 68 afiliasinya ditempatkan pada Daftar Entitas AS pada Mei setelah dituduh oleh administrasi Trump sebagai mata-mata untuk Cina. Baik Beijing dan Huawei telah membantah semua tuduhan itu. Larangan Washington berarti perusahaan harus meminta izin untuk membeli komponen Amerika yang diperlukan untuk memproduksi produk-produknya.

Kemudian, Departemen Perdagangan AS melonggarkan beberapa batasan hingga Agustus, memungkinkan Huawei untuk memelihara dan memperbarui jaringan dan handset yang ada. Sejak itu telah diberikan dua ekstensi lagi.

Menurut laporan UBS-Fomalhaut, sejak Mei Huawei telah menambahkan sejumlah pemasok non-AS dan menggunakan komponen dari perusahaan yang berbasis di negara lain.

Analisis Fomalhaut menunjukkan bahwa perusahaan telah mengurangi ketergantungannya pada pemasok Amerika di smartphone yang diluncurkan setelah Mei, termasuk perangkat Y9 Prime dan Mate. Laporan itu mengatakan bahwa perangkat Mate berisi chip yang dibuat oleh Dutch NXP Semiconductors sebagai pengganti untuk yang dibuat oleh perusahaan AS Cirrus Logic.

Langkah menjauh dari bagian Amerika melampaui produksi ponsel, menurut laporan itu.

"Semua 5G kami sekarang bebas dari Amerika," kata pejabat keamanan cybersecurity Huawei John Suffolk kepada WSJ. “Kami ingin terus menggunakan komponen Amerika. Ini bagus untuk industri Amerika. Ini bagus untuk Huawei. Itu telah diambil dari tangan kita." (RT)


latestnews

View Full Version