View Full Version
Kamis, 22 Feb 2024

Google Rilis Model 'Open' AI Mengikuti Langkah Meta

AMERIKA SERIKAT (voa-islam.com) - Google pada hari Rabu (21/2/204) merilis model kecerdasan buatan (AI) baru yang berpotensi dapat dibuat oleh pengembang luar sebagai milik mereka, mengikuti langkah serupa yang dilakukan Meta Platforms dan lainnya.

Anak perusahaan Alphabet mengatakan individu dan bisnis dapat membangun perangkat lunak AI berdasarkan “model terbuka” baru yang disebut Gemma, secara gratis. Perusahaan ini membuat data teknis penting seperti apa yang disebut bobot model tersedia untuk umum, katanya.

Langkah ini dapat menarik para insinyur perangkat lunak untuk mengembangkan teknologi Google dan mendorong penggunaan divisi cloud baru yang menguntungkan. Model-model tersebut “dioptimalkan” untuk Google Cloud, di mana pelanggan cloud yang pertama kali menggunakannya mendapatkan kredit sebesar $300, kata perusahaan itu.

Google tidak lagi menjadikan Gemma sepenuhnya “open source”, yang berarti perusahaan masih memiliki andil dalam menetapkan persyaratan penggunaan dan kepemilikan. Beberapa ahli mengatakan AI open source sudah siap untuk disalahgunakan, sementara yang lain memperjuangkan pendekatan ini untuk memperluas kelompok orang yang dapat berkontribusi dan mendapatkan manfaat dari teknologi ini.

Dengan pengumuman tersebut, Google tidak membuka model utama yang lebih besar yang dikenal sebagai Gemini, tidak seperti Gemma. Dikatakan bahwa model Gemma berukuran dua miliar atau tujuh miliar parameter – atau jumlah nilai berbeda yang diperhitungkan suatu algoritma untuk menghasilkan keluaran.

Model Llama 2 Meta berukuran antara tujuh hingga 70 miliar parameter. Google belum mengungkapkan ukuran model Gemini terbesarnya. Sebagai perbandingan, model GPT-3 OpenAI yang diumumkan pada tahun 2020 memiliki 175 miliar parameter.

Pembuat chip Nvidia pada hari Rabu mengatakan pihaknya telah bekerja sama dengan Google untuk memastikan model Gemma berjalan lancar pada chipnya. Nvidia juga mengatakan akan segera membuat perangkat lunak chatbot, yang dikembangkannya untuk menjalankan model AI pada PC Windows, bekerja dengan Gemma. (AN)


latestnews

View Full Version