View Full Version
Senin, 26 Sep 2022

Ramai-Ramai Menjegal Anies dengan Politik Identitas

 

Oleh:

Nuim Hidayat || Direktur Akademi Dakwah Indonesia, Depok

 

 

“Saya ingin ingatkan, jangan ada lagi politik identitas. Jangan ada lagi politisasi agama. Jangan ada lagi polarisasi sosial. Demokrasi kita harus semakin dewasa dari waktu ke waktu. Konsolidasi nasional harus senantiasa diperkuat,” kata Jokowi, 18 Agustus 2022 di depan Sidang MPR.

"Bagi PDIP berkeyakinan bahwa mereka yang menggunakan politik identitas itu pada dasarnya, kecenderungannya mereka tidak punya prestasi," kata Hasto Kristiyanto, Sekjen PDIP, 2 September 2022.

"Sesuai pernyataan saya sebelumnya, bahwa PSI tidak akan pernah mendukung Anies Baswedan karena yang bersangkutan memiliki rekam jejak terlibat dalam politik identitas yang sangat bertentangan dengan DNA PSI," kata Grace Natalie, 28 Juni 2022.

"Apa harus jadi presiden aja kau bisa mengabdi? Harus tahu diri juga lah, kalau kau bukan orang Jawa," ujar Luhut B Panjaitan di RGTV Channel, 21 September 2022.

Berbagai cara yang digunakan musuh-musuh politik Anies untuk menjegalnya jadi calon presiden. Satu cara yang kini massif digunakan, adalah menstigma Anies dengan politik identitas.

Kemenangan Anies pada pemilihan gubernur DKI Jakarta, 2017 lalu dianggap mereka karena politik identitas. Mereka tidak mau tahu jika Ahok saat itu juga menggunakan politik identitas. Ahok menang di wilayah-wilayah Jakarta yang banyak dihuni kaum Cina dan Kristen.

Kampanye massif yang digunakan presiden Jokowi tentang politik identitas ini, menurut pengamat politik Rocky Gerung, karena Jokowi dikelilingi orang-orang dungu. Rocky juga menegaskan bahwa kampanye negatif politik identitas ini adalah bertujuan untuk mencegah tampilnya politisi Muslim (sebagai presiden).

Dalam diskusi buku Politik Identitas di Jakarta (24/9), Rocky menjelaskan bahwa bangsa ini dibentuk dengan identitas para founding fathers. “Mereka berbeda-beda identitas, kemudian bersatu,” ujarnya. Jadi menurutnya, wajar orang menggunakan politik identitas. Rocky menceritakan bagaimana Piagam Jakarta mewarnai dalam sejarah politik bangsa. Menurutnya, Piagam Jakarta tidak bisa dihapus dalam memori sejarah bangsa.

Tokoh PDIP dan PSI, Hasto Kristiyanto dan Grace Natalie secara terus terang menyerang Anies Baswedan karena menggunakan politik identitas. Mereka tidak mau tahu, bahwa partai mereka –terutama PDIP- juga menggunakan politik identitas, yaitu Soekarnoisme.

Jokowi yang merupakan petugas partai PDIP, juga gemar untuk menstigma buruk politik identitas. Tentu sebagai presiden, ia tidak menunjuk hidung Anies. Tapi bagi yang faham politik tahu pernyataan Jokowi itu ditujukan kemana.

Para Aniesfobia ini akan terus melakukan serangan opini buruk agar Anies terjegal sebagai capres. Terakhir adalah opini yang dibuat Luhut Pandjaitan ketika berdialog dengan Rocky Gerung. Di forum itu, Luhut menyatakan bahwa kalau bukan orang Jawa, jangan maksa jadi presiden. Pernyataan Luhut ini bisa dibaca, bahwa ia tidak menginginkan Anies untuk jadi presiden. Ia ingin Ganjar. Sebab, Anies adalah orang Sunda-Arab.

Bila opini menstigma buruk tidak mempan –karena kekuatan opini medsos pendukung Anies juga kuat- nampaknya mereka akan menggunakan jalur KPK untuk menjegal Anies. Dan skenario itu sedang mulai.

Kita hanya berdoa semoga Anies lolos dari penjegalan-penjegalan yang tidak fair ini. Semoga Allah memberikan presiden terbaik untuk bangsa Indonesia di tahun 2024. Wallahu azizun hakim.* 


latestnews

View Full Version