View Full Version
Jum'at, 02 Dec 2022

Piala Dunia Qatar 2022: Palestina 1 Israel 0

QATAR (voa-islam.com) - Selama menit ke-48 pertandingan Tunisia-Australia di Piala Dunia di Qatar Sabtu lalu, penggemar Tunisia mengibarkan bendera besar bertuliskan: "Bebaskan Palestina". Penggemar Maroko melakukan hal yang sama pada hari berikutnya selama pertandingan tim mereka melawan Belgia.

Bagi warga Palestina, 48 adalah angka kunci untuk mengenang bencana nasional mereka. Itu mengacu pada tahun 1948, tahun Nakba, ketika kakek nenek mereka dibunuh dan diusir dari tanah air mereka untuk mendirikan negara Israel. Banyak orang Arab menggunakan nomor ini untuk mengungkapkan cinta dan dukungan mereka kepada Palestina.

Tampilan spanduk Palestina oleh penggemar Tunisia dan Maroko muncul saat presenter TV Israel mengeluh bahwa penggemar Arab tidak menyambut mereka di turnamen sepak bola di Qatar. Banyak video menunjukkan penggemar Arab menolak untuk berbicara dengan saluran Israel dan mengungkapkan dukungan mereka untuk Palestina.

Maroko termasuk di antara beberapa negara Arab yang pada tahun 2020 menandatangani kesepakatan normalisasi yang ditengahi AS dengan Israel. Tetapi berita yang muncul dari Doha menunjukkan bahwa banyak penggemar Arab telah memberikan kartu merah kepada Abraham Accords, meskipun ada upaya dari UEA dan Bahrain untuk menggambarkan kesepakatan itu sebagai hal yang populer.

Sejak Musim Semi Arab 2011 dan kontra-revolusi berikutnya, media sosial semakin diawasi oleh rezim otoriter. Para pembangkang di negara-negara Teluk telah dibungkam dan dipenjarakan, sementara pasukan troll mendikte wacana politik. Abraham Accords datang dengan latar belakang represi yang belum pernah terjadi sebelumnya, memungkinkan negara-negara Teluk untuk menggambarkan gelombang dukungan imajiner.

Ruang untuk berekspresi

Namun, terlepas dari upaya untuk mengendalikan debat nasional ini, jajak pendapat baru-baru ini oleh Institut Washington menunjukkan bahwa mayoritas orang di tujuh negara Arab - sekitar 80 persen - memandang Persetujuan Abraham sebagai "sangat negatif" atau "agak negatif".

Hari ini, Piala Dunia di Qatar memberikan ruang terbuka bagi masyarakat Arab - dari Maroko di barat hingga Arab Saudi di timur - untuk mengekspresikan diri tentang proses normalisasi dengan Israel. Orang-orang dapat mengatakan bagian mereka di bangku-bangku sepak bola dan zona penggemar, dan di jalan-jalan.

Salah satu video viral menunjukkan seorang reporter Israel mengeluh bahwa para penggemar Arab menolak untuk berbicara dengannya karena kewarganegaraan Israelnya. Memang, banyak video dari zona penggemar Doha menunjukkan penggemar Arab meneriaki para wartawan saat mereka menyadari bahwa mereka bekerja untuk saluran Israel.

Setelah normalisasi Maroko dengan Israel, pengibaran besar-besaran bendera Palestina oleh para penggemar Maroko selama pertandingan hari Ahad  membawa pesan politik yang sangat menyentuh. Video penggemar Maroko di Piala Dunia menyanyikan lagu emosional yang kuat yang didedikasikan untuk Palestina juga mendapat perhatian di media sosial.

Video seperti itu menunjukkan realitas sebenarnya dari massa Arab yang menolak kesepakatan normalisasi dengan Israel, yang telah dipaksakan oleh rezim diktator Arab. Keterkejutan yang diungkapkan oleh jurnalis Israel pada resepsi mereka sendiri selama turnamen tersebut semakin mengungkap fasad yang coba dibangun oleh politisi Israel.

Mantan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu, yang terpilih kembali awal bulan ini, membangun bagian penting dari warisannya dengan klaim menciptakan hubungan baik dengan negara-negara Arab, tanpa menyelesaikan konflik Palestina. Baru-baru ini, Netanyahu menulis di Haaretz: “Selama 25 tahun terakhir, kami diberitahu berulang kali bahwa perdamaian dengan negara-negara Arab lainnya hanya akan tercapai setelah kami menyelesaikan konflik dengan Palestina.” Namun, tambahnya, “jalan menuju perdamaian tidak melewati Ramallah, melainkan mengelilinginya”.

kemunafikan Barat

Beberapa komentator dan politisi Amerika telah menegaskan bahwa masalah Palestina tidak lagi penting bagi orang Arab, menunjukkan bahwa Israel dapat menikmati perdamaian dan hubungan normal dengan negara-negara Arab tanpa menyelesaikan masalah Palestina. Tapi rekaman baru-baru ini dari Piala Dunia di Qatar menyangkal klaim ini, menunjukkan bahwa sementara rezim diktator Arab mungkin ikut serta, massa Arab jelas tidak.

Di luar perasaan solidaritas terhadap warga Palestina, aliansi publik yang erat antara politisi Israel dan diktator Arab yang korup telah meningkatkan permusuhan terhadap negara Israel di antara publik Arab. Banyak yang melihat kedua belah pihak bekerja sama untuk menekan ambisi dan impian mereka akan hak asasi manusia, martabat, demokrasi, dan kemakmuran.

Dalam jajak pendapat tahun 2019-2020 oleh Pusat Penelitian dan Studi Kebijakan Arab, 79 persen orang Arab mengatakan bahwa perjuangan Palestina adalah masalah Arab, bukan hanya masalah Palestina. Dalam jajak pendapat yang sama, Israel dipandang sebagai ancaman terbesar bagi negara-negara Arab, melebihi AS dan Iran.

Namun, sementara media barat sebagian besar mengabaikan curahan dukungan untuk Palestina di Piala Dunia, tsunami liputan berfokus pada masalah hak-hak pekerja dan hak LGBTQ di Qatar. Sejumlah tim Eropa berencana mengenakan ban lengan yang mempromosikan hak LGBTQ+ sebelum FIFA memperingatkan bahwa mereka akan menerima kartu kuning karena melakukannya.

Menteri dalam negeri Jerman menyulut perdebatan dengan mengenakan ban lengan di tribun dan menerbitkan fotonya di Twitter, sementara para pemain Jerman menutupi mulut mereka sebagai protes terhadap pembatasan FIFA dalam foto tim. Namun para aktivis mengutuk kemunafikan gerakan ini ketika Jerman menindak aktivisme Palestina di dalam negeri.

Penggemar dan pemain sepak bola Arab memiliki sejarah panjang dalam mengekspresikan dukungan untuk Palestina, mulai dari menyanyikan lagu-lagu yang mendukung hingga menampilkan slogan solidaritas dengan Gaza, terlepas dari hukuman yang dikenakan untuk pesan politik. Selama Piala Dunia saat ini, salah satu video viral di media sosial Arab menunjukkan YouTuber Saudi menjual bendera dari berbagai negara, dan memberi pelanggan tambahan bendera Palestina sebagai hadiah. Kisah-kisah seperti itu jarang mendapat perhatian di media barat.

Sementara penggemar Arab sering diberitahu untuk tidak mencampurkan olahraga dengan politik, tim dan penggemar Eropa telah mengambil kesempatan tahun ini untuk menunjukkan dukungan untuk Ukraina setelah invasi Rusia. Jelas, standar yang berbeda diterapkan tergantung pada penyebabnya, menyoroti perlunya jurnalis untuk melihat melampaui gelembung barat. (MEE)


latestnews

View Full Version