View Full Version
Rabu, 30 Sep 2015

Koalisi NATO Kirim Pasukan Khusus untuk Bantu Tentara Afghanistan Rebut Kebali Kunduz dari Taliban

KUNDUZ, AFGHANISTAN (voa-islam.com) - Ketidakmampuan pasukan keamanan Afghanistan untuk merebut kota Kunduz dari tangan Taliban membuat pasukan khusus koalisi NATO, yang diklaim hanya sebagai penasihat dan pelatih pasukan lokal, akhirnya disebar kembali untuk membantu pasukan pemerintah memerangi mujahidin dan merebut kembali ibukota provinsi di bagian utara Afrhanistan tersebut.

Pasukan khusus dari koalisi militer pimpininan AS di Afghanistan pada Rabu (30/9/2015) terlibat pertempuran dengan mujahidin Taliban di dekat kota utara Kunduz yang direbut oleh kelompok itu pekan ini, juru bicara koalisi dan pejabat Afghanistan mengatakan.

Itu adalah laporan pertama dari bentrokan di darat antara mujahidin Taliban dan tentara asing yang mendukung sekutu Afghanistan mereka selama tiga hari pertempuran hebat untuk menguasai kota strategis berpenduduk 300.000 jiwa tersebut.

Kunduz adalah ibukota provinsi pertama yang jatuh ke Taliban sejak mereka digulingkan dari kekuasaan yang sah pada tahun 2001.

Setidaknya tiga serangan udara AS juga telah menargetkan posisi-posisi Taliban di dan sekitar kota.

Pejuang Taliban telah menggali pertahanan ke posisi sekitar Kunduz dan jalan-jalan telah ditanami ranjau untuk mencegah bala bantuan mencapai pasukan Afghanistan yang terkepung di daerah tersebut.

Para mujahidin juga telah meluncurkan serangkaian serangan di bandara Kunduz, di mana ribuan polisi dan tentara pemerintah berkumpul setelah mundur dari kota.

Juru bicara koalisi Kolonel Brian Tribus memberikan sedikit rincian, tetapi menegaskan pasukan asing telah terlibat pertempuran dengan mujahidin saat mendukung pasukan Afghanistan.

"Para penasihan pasukan khusus koalisi, selain menasihati dan membantu unsur-unsur dari Pasukan Keamanan Afghanistan, mengalami ancaman gerilyawan di sekitar bandara Kunduz sekitar 01:00 pagi, 30 September," kata Tribus.

Dia menegaskan pasukan khusus melawan mujahidin, tetapi mengklaim: ". Hal ini dilakukan sebagai pertahanan diri Ketika mereka menemui ancaman, mereka membela diri."

Tribus menolak memberikan detail kebangsaan dari para pasukan khusus tersebut.

Seorang pejabat keamanan senior Afghanistan mengatakan sekitar 100 anggota pasukan khusus AS berjuang dari serangan Taliban yang mengancam untuk menerobos bandara di dini hari Rabu.

Pasukan bersenjata tersebut, mengenakan kacamata penglihatan malam, meninggalkan bandara dan membunuh para penyerang sebelum kembali, klaim pejabat itu, yang berbicara dengan syarat anonim.

Sejumlah pasukan koalisi dikirim ke Kunduz pekan ini untuk mendukung tentara dan polisi Afghanistan yang telah gagal sejauh ini untuk merebut kembali kota itu dari Taliban. Bagaimanapun jumlah mereka yang disebar tidak diungkapkan.

"Mereka berada dalam peran non-tempur. Namun demikian, mereka juga mempertahankan hak untuk membela diri," klaim Tribus dari pasukan koalisi.

NATO memiliki lebih dari 100.000 tentara di Afghanistan pada puncaknya, tetapi kebanyakan telah ditarik pada akhir 2014 dan misi yang jauh lebih kecil sekarang dirancang untuk "melatih, membantu dan memberikan saran" kekuatan lokal.

Meskipun janji oleh pejabat pemerintah Afghanistan untuk merebut kembali Kunduz dengan cepat, kurangnya bala bantuan dan taktik agresif Taliban menunjukkan pertarungan yang berpotensi panjang dan berdarah. (st/Reuters)


latestnews

View Full Version