View Full Version
Sabtu, 28 Mar 2020

Pertempuran Kembali Berkobar di Libya Meski Ancaman Virus Mematikan Cina

TRIPOLI, LIBYA (voa-islam.com) - Pertempuran berkobar di beberapa front di Libya pada hari Jum'at setelah malam pemboman besar di Tripoli, para petempur dan penduduk mengatakan, meskipun ancaman pertempuran yang terus berlanjut menimbulkan upaya untuk menghentikan pandemi virus mematikan Cina Corona.

Peperangan serius dimulai lagi pekan ini setelah jeda komparatif dalam beberapa pekan terakhir, menentang seruan internasional agar tenang untuk memungkinkan sistem kesehatan Libya yang terfragmentasi dan kewalahan mempersiapkan persiapan penyebaran virus Corona.

Libya mengkonfirmasi kasus pertama penyakit pernapasan yang sangat menular pada hari Senin - seorang pria Libya baru-baru ini kembali dari luar negeri.

Tentara Nasional gadungan Libya (LNA) yang berpusat di timur dan dipimpin Khalifa Haftar, telah menyerang Tripoli selama hampir satu tahun, dengan harapan dapat merebut ibukota di barat laut tempat pemerintah berbasis Kesepakatan Nasional (GNA) yang diakui secara internasional berpusat.

Uni Emirat Arab, Mesir, dan Rusia telah mendukung LNA secara militer, sementara Turki dan pejuang sekutu Suriah mendukung GNA.

Diplomasi telah kandas, dengan putaran pembicaraan terakhir di Jenewa tidak membuat kemajuan menuju solusi politik bulan lalu, dan utusan PBB mengundurkan diri karena alasan kesehatan.

Sebelum dia berhenti, dia memperingatkan bahwa embargo senjata di Libya secara rutin dilanggar, dengan persenjataan asing dan pejuang tiba di negara itu untuk bergabung dengan kedua belah pihak.

Pada hari Kamis, Uni Eropa mengatakan akan meluncurkan misi angkatan laut dan udara baru untuk menghentikan pelanggaran embargo lebih lanjut.

Ledakan besar mengguncang Tripoli dari tengah malam dan seterusnya, dengan tembakan artileri bergema di sekitar kota pada Jum'at pagi, menurut penduduk.

Bentrokan sengit dilaporkan di barat Libya, antara Tripoli dan perbatasan Tunisia, di pinggiran selatan ibukota, dan di wilayah garis depan antara Sirte dan Misrata di sebelah timur Tripoli.

Sumber militer LNA mengatakan pertempuran telah terjadi kembali pada fajar pada Jum'at di barat Sirte, sebuah kota pelabuhan di Libya tengah yang ditangkap oleh LNA pada Januari. Kantor media untuk pasukan pro-GNA tidak berkomentar. (MeMo)


latestnews

View Full Version