View Full Version
Ahad, 18 Oct 2020

Hamas Tolak Permintaan AS Untuk Berdialog Tentang Kesepakatan 'Abraham Accords'

JALUR GAZA, PALESTINA (voa-islam.com) - Hamas telah mengklaim bahwa Amerika Serikat mendekatinya untuk berdialog tentang apa yang disebut rencana perdamaian Presiden AS Donald Trump, sebuah laporan oleh Arabi21 mengatakan.

Wakil kepala biro politik Hamas, Saleh al-Arouri, mengatakan organisasi tersebut menolak permintaan dialog tentang kesepakatan kontroversial tersebut, yang ditolak oleh Palestina.

Dalam pernyataan kepada TV lokal Al-Aqsa, Al-Arouri menuduh AS menggunakan permintaan tersebut untuk menciptakan "perpecahan internal dalam posisi Palestina".

Ini, kata Al-Arouri, akan digunakan "untuk mengancam kepemimpinan PLO". Sosok Hamas tidak menjelaskan siapa yang membuat permintaan itu, atau kapan itu dibuat.

"Kerja sama nasional [Palestina] adalah tanggapan yang tepat untuk kesepakatan itu," tambahnya.

Dalam beberapa bulan terakhir, Hamas, yang mengontrol Gaza, dan Fatah, yang Otoritas Palestina mengendalikan Tepi Barat, mulai bekerja untuk menyelesaikan perpecahan internal setelah kesepakatan normalisasi UEA-Israel.

Kelompok saingan lama Palestina itu bertemu di Turki bulan lalu untuk pembicaraan rekonsiliasi dan setuju untuk mengadakan pemilihan "segera".

Abraham Accords - kesepakatan normalisasi Arab-Israel yang ditandatangani di bawah mediasi AS - menandai perubahan yang berbeda dalam status quo yang telah berusia puluhan tahun di mana negara-negara Arab telah mencoba untuk mempertahankan persatuan melawan Israel atas perlakuannya terhadap warga Palestina yang tidak memiliki kewarganegaraan.

Kesepakatan tersebut telah membuat marah warga Palestina yang menganggap langkah tersebut sebagai pengkhianatan bagi tujuan mereka. (TNA)


latestnews

View Full Version