View Full Version
Sabtu, 06 Mar 2021

Palang Merah Internasional Desak Myanmar Lindungi Relawan dan Petugas Kesehatan

JENEWA, SWISS ( voa-islam.com) - Federasi Internasional Palang Merah (IFRC) dan Masyarakat Bulan Sabit Merah mengatakan pada hari Jum'at (5/3/2021) bahwa pihaknya sangat sedih dengan hilangnya nyawa baru-baru ini di Myanmar dan mendesak "perlindungan segera" bagi semua para sukarelawan dan petugas kesehatan.

"Di tengah kekerasan yang meningkat, Palang Merah Myanmar telah mengkonfirmasi bahwa dalam beberapa hari terakhir, telah terjadi insiden yang sangat serius di mana sukarelawan Palang Merah terluka dan salahnya ditangkap," Direktur Regional Asia Pasifik IFRC Alexander Matheou seperti dikutip.

Lebih dari 60 orang telah tewas dan lebih dari 1.000 orang telah ditangkap selama demonstrasi anti-kudeta di Myanmar yang mengecam pemerintahan militer setelah kudeta 1 Februari.

IFRC mengungkapkan kesedihan yang mendalam karena relawan Palang Merah Myanmar terluka saat bertugas.

Mereka memberikan pertolongan pertama yang menyelamatkan nyawa kepada mereka yang terluka, sejalan dengan prinsip fundamental kemanusiaan, netralitas dan imparsialitas, menurut IFRC. "Relawan Palang Merah tidak boleh menjadi sasaran," kata Matheou.

Palang Merah Myanmar melakukan salah satu operasi kemanusiaan pertolongan pertama dan pemindahan pasien terbesar dengan lebih dari 1.500 sukarelawan dan 120 ambulans di seluruh negeri, kata IFRC.

Dalam empat minggu terakhir, itu memberikan layanan pertolongan pertama, termasuk intervensi penyelamatan jiwa dan transfer ambulans darurat. Secara keseluruhan, itu telah membantu lebih dari 1.000 orang.

"Terjadi kekerasan yang meningkat, dan jumlah orang yang terbunuh atau terluka meningkat setiap hari," kata Matheou. "IFRC mendesak pengekangan dan penghentian kekerasan di seluruh Myanmar."

Palang Merah juga sangat prihatin bahwa setelah pertemuan massal dan kekerasan dalam beberapa pekan terakhir, ada risiko penyebaran virus Corona terus berlanjut.

"IFRC khawatir tentang risiko gelombang mematikan COVID-19 lainnya di Myanmar karena pengujian dan akses ke rumah sakit, atau layanan kesehatan lainnya sangat terbatas," kata Matheou.

Dia mencatat bahwa Palang Merah dan mitranya terus menawarkan dukungan untuk upaya kemanusiaan di saat kritis.

IFRC adalah jaringan kemanusiaan terbesar di dunia, yang terdiri dari 192 Perhimpunan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Nasional. (AA) 


latestnews

View Full Version