View Full Version
Sabtu, 17 Apr 2021

Iran Klaim Tersangka Penyerang Fasilitas Nuklir Natanz Tela Melarikan Diri

TEHRAN, IRAN (voa-islam.com) - Iran pada hari Sabtu (17/4/2021) menetapkan tersangka dalam serangan terhadap fasilitas nuklir Natanz yang merusak sentrifugal di sana, mengklaim dia telah melarikan diri dari negara itu sebelum sabotase terjadi.

Televisi pemerintah menyebut tersangka sebagai Reza Karimi yang berusia 43 tahun. Itu menunjukkan foto paspor seorang pria yang diidentifikasi sebagai Karimi, mengatakan dia lahir di kota terdekat Kashan, Iran.

Laporan itu tidak menjelaskan bagaimana Karimi bisa mendapatkan akses ke salah satu fasilitas paling aman di Republik Syi'ah itu.

Laporan itu juga menyiarkan apa yang tampak sebagai "pemberitahuan merah" Interpol yang meminta penangkapannya.

Pemberitahuan penangkapan tidak segera dapat diakses di database Interpol yang dapat diakses publik. Interpol, yang berbasis di Lyon, Prancis, tidak segera menanggapi permintaan komentar.

Laporan TV mengatakan "tindakan yang diperlukan" sedang dilakukan untuk membawanya kembali ke Iran melalui saluran hukum, tanpa menjelaskan lebih lanjut.

“Pemberitahuan merah” Interpol yang seharusnya mencantumkan riwayat perjalanannya termasuk Spanyol, Uni Emirat Arab, Kenya, Ethiopia, Qatar, Turki, Uganda, Rumania, dan negara lain yang tidak terbaca.

Laporan itu juga menunjukkan sentrifugal di aula, serta apa yang tampak seperti rekaman peringatan di fasilitas Natanz.

Serangan hari Minggu, yang diduga dilakukan oleh Israel, telah mengobarkan perang bayangan antara kedua negara.

Iran telah mulai memperkaya sejumlah kecil uranium hingga 60% kemurnian - tingkat tertinggi yang pernah ada - sebagai tanggapan di tengah pembicaraan di Wina yang bertujuan untuk menyelamatkan kesepakatan nuklirnya yang compang-camping dengan kekuatan dunia. (AA)


latestnews

View Full Version