View Full Version
Senin, 10 May 2021

Taliban Umumkan Gencatan Senjata Selama 3 Hari Untuk Perayaan Idul Fitri

KABUL, AFGHANISTAN (voa-islam.com) - Taliban pada hari Senin (10/5/2021) mengumumkan gencatan senjata tiga hari di Afghanistan untuk merayakan liburan Idul Fitri minggu ini, hanya dua hari setelah pemerintah menyalahkan mereka atas bom di luar sekolah yang menewaskan lebih dari 50 orang, sebagian besar perempuan muda.

"Mujahidin Imarah Islam diinstruksikan untuk menghentikan semua operasi ofensif terhadap musuh di seluruh negeri dari hari pertama hingga hari ketiga Idul Fitri," kata sebuah pernyataan yang dikeluarkan oleh Taliban.

"Tetapi jika musuh melakukan serangan atau serangan apa pun terhadap Anda selama hari-hari ini, bersiaplah untuk dengan kuat melindungi dan mempertahankan diri Anda dan wilayah Anda," tambahnya.

Gencatan senjata terjadi setelah pemerintah menuduh Taliban melakukan serangan di luar sekolah perempuan di Dasht-e-Barchi, pinggiran ibu kota yang sebagian besar dihuni oleh komunitas Syia'h Hazara.

Taliban membantah mereka terlibat dalam serangan tersebut, yang paling mematikan di negara itu dalam lebih dari setahun.

Ledakan hari Sabtu terjadi ketika Amerika Serikat terus menarik 2.500 pasukan terakhirnya dari negara yang dilanda kekerasan itu meskipun upaya perdamaian gagal antara Taliban dan pemerintah Afghanistan untuk mengakhiri perang selama beberapa dekade. (TNA)


latestnews

View Full Version