View Full Version
Jum'at, 28 Jan 2022

SDF Buru Pejuang IS Tersisa Di Penjara Ghwayran

HASAKAH, SURIAH (voa-islam.com) - Pasukan Tentara Demokratik Suriah (SDF) yang dipimpin Komunis Kurdi pada hari Kamis (27/1/2022) menemukan puluhan pejuang Islamic State (IS) bersembunyi di sebuah penjara Suriah ketika mereka melakukan operasi pembersihan setelah merebut kembali fasilitas tersebut dari IS.

Serangan IS di kompleks penjara Ghwayran yang luas di dekat kota Hasakeh pada 20 Januari memicu pertempuran enam hari, dalam kekerasan yang merenggut lebih dari 200 nyawa.

Itu adalah serangan paling terkenal yang diluncurkan oleh para jihadis sejak hilangnya "kekhalifahan" mereka hampir tiga tahun lalu.

SDF mengklaim mereka telah merebut kembali kendali penuh atas penjara Ghwayran pada hari Rabu, mengakhiri pertempuran yang mengubah kota terbesar di timur laut Suriah menjadi zona perang.

Tetapi operasi pencarian pada hari berikutnya menemukan sekitar 60-90 jihadis masih bersembunyi di satu sayap penjara, kata SDF, menambahkan bahwa 3.500 narapidana ISIS sejauh ini telah menyerah kepada pasukannya.

"Pasukan kami telah menyerukan penyerahan diri yang aman ... dan jika mereka tidak menyerah, kami akan menangani mereka dengan tegas," kata SDF dalam sebuah pernyataan yang dikirim ke The New Arab.

Hasakah, sementara itu, memasuki hari keempat di bawah penguncian dengan SDF yang didukung AS memblokir semua pintu masuk ke kota untuk mencegah pejuang IS yang melarikan diri menyeberang ke daerah lain.

Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia mengatakan pasukan Kurdi menyisir daerah di dalam penjara di mana melanjutkan dengan "sangat hati-hati atas ketakutan akan pembom jibaku atau ranjau darat yang diletakkan oleh kelompok IS".

Pemantau perang yang berbasis di Inggris itu mengatakan 156 jihadis IS, 55 pejuang Komunis Kurdi dan tujuh warga sipil telah tewas sejak awal serangan.

Pihak berwenang Kurdi mengklaim tidak ada narapidana yang melarikan diri dari kompleks itu tetapi Observatorium, yang mengandalkan sumber di lapangan, mengatakan sejumlah besar orang berhasil lolos.

'Krisis yang lebih luas'

Ghwayran menahan sekitar 3.500 narapidana Islamic State, termasuk sekitar 700 anak di bawah umur, ketika serangan awal IS dimulai dengan kendaraan bermuatan bahan peledak yang dikendarai oleh pelaku bom jibaku.

“Penangkapan kembali penjara oleh pasukan pimpinan Kurdi mengakhiri cobaan mematikan ini, tetapi krisis yang lebih luas yang melibatkan para tahanan ini masih jauh dari selesai,” Human Rights Watch memperingatkan pada hari Rabu.

"Koalisi pimpinan AS dan pihak lain yang terlibat perlu segera memastikan bahwa semua tahanan, terutama yang terluka, sakit, dan anak-anak, aman dan menerima makanan, air, dan perawatan medis," tambahnya.

Tahanan yang menyerah dipindahkan ke fasilitas yang lebih aman saat operasi di Ghwayran berlanjut, kata SDF.

Dalam sebuah pernyataan, SDF mengklaim mereka menahan anak-anak pejuang IS "demi keselamatan mereka sendiri" dan mereka akan dipisahkan dari tahanan dewasa.

"Pasukan kami telah memperlakukan anak-anak sebagai korban utama dan menegaskan kembali komitmen mereka terhadap semua konvensi dan perjanjian tentang perlindungan anak-anak," klaim pernyataan itu, meskipun menambahkan bahwa anak-anak itu telah terlibat dalam aktivitas pejuang IS dan telah menerima indoktrinasi ekstremis.

Pihak berwenang Kurdi mengatakan lebih dari 50 negara diwakili di penjara yang dikelola Kurdi yang menahan lebih dari 12.000 tersangka Islamic State.

Pemerintah Kurdi telah lama memperingatkan bahwa mereka tidak memiliki kapasitas untuk menahan, apalagi mengadili, semua pejuang IS yang ditangkap dalam operasi bertahun-tahun.

"Saya pikir kita seharusnya tidak terkejut, kami telah memperingatkan tentang ini untuk beberapa waktu," kata utusan khusus PBB untuk Suriah Geir Pedersen kepada Dewan Keamanan Rabu ketika ditanya tentang serangan itu.

Kepala kebijakan luar negeri pemerintah Abdulkarim Omar mengatakan terserah kepada masyarakat internasional untuk mengadili jihadis asing atau memulangkan mereka.

Ancaman ISIS "seperti bola api, semakin berbahaya dan rumit seiring berjalannya waktu," katanya kepada AFP, Rabu.

Kekhalifahan yang dideklarasikan Islamic State, didirikan pada tahun 2014, pernah mengangkangi sebagian besar Irak dan Suriah.

Setelah lima tahun operasi militer yang dilakukan oleh pasukan lokal dan internasional, wilayah terakhir IS yang terpojok ke Baghouz di tepi sungai Euphrate di Suriah timur direbut pada Maret 2019. (TNA)


latestnews

View Full Version