View Full Version
Kamis, 15 Oct 2009

Kepada Para Pendurhaka..

Manusia adalah makhluq yang telah Alloh pilih untuk menjadi khalifah di atas muka bumi ini. Manusia adalah makhluq yang bagus rupanya, akal fikirannya dan bermacam-macam kelebihan yang ada pada manusia sehingga manusia memiliki berbagai gelaran-gelaran mulia. Banyak rahasia tentang manusia yang kita tidak tahu sehingga Alloh mempercayakan syari’atnya kepada kita semua. Hanya Alloh  Yang maha mengetahui apa yang tersembunyi.

Alloh telah menurunkan Al Qur’an sebagai pedoman hidup,  sebagai panduan bagi manusia dalam menjalani kehidupannya. Dalam Al Qur’an Alloh ta’ala memerintahkan kepada kita semua untuk menghormati kedua orang tua kita sehingga berulang-ulang masalah ini disebut dalam banyak ayat maupun hadits Rosululloh S.A.W. Bahkan dalam sebuah  ayat Alloh Ta’ala telah meletakan berbuat baik kepada kedua orang tua tepat setelah suruhannya agar manusia menyembah Alloh, Sang pencipta. Subhanalloh.. begitu besarnya, begitu keras nya Alloh perintahkan kita agar berbuat baik kepada ibu bapak kita. Perintah menyembah Alloh adalah perintah yang tertinggi dalam syari’at. Dan juga merupakan tujuan kenapa manusia dan jin telah diciptakan.

 

“Dan Tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya”(al Isroo: 23)

Berbuat baik kepada kedua orang tua juga merupakan wasiat dari Alloh Ta’ala kepada hambaNya, sebagaimana firman Alloh:

 

“Kami wajibkan manusia berbuat baik kepada kedua orang tuanya(ibu bapaknya)”(al ankabuut:8).

 Ketahuilah saudara-saudaraku sekalian sesungguhnya kaum muslimin sedang ditimpa bencana yang luar biasa. Kerusakan akhlaq, budi pekerti terhadap kedua ibu bapak. Tiada lagi rasa hormat terhadap orang tua! Tiada lagi rasa kasih dan sayang untuk dipersembahkan kepada mereka! kemanakah hati-hati anak yang dahulu dibesarkan dengan susah payah, sang ibu rela berpayah-payah mengandung berbulan-bulan lamanya. Orang tua rela banting tulang demi menafkahi keluarganya dengan harapan si anak menjadi anak yang sholeh dan sholehah yang dapat berbakti kepada orang tua. Harapan yang menggunung berada dalam benak setiap orang tua.

Hari demi hari si anak yang dahulu berada dalam kandungan telah beranjak dewasa. Dengan sabar orang tua memenuhi segala kehendak dan keperluan si anak walaupun sebenarnya mereka sendiri berada dalam kesempitan hidup di zaman yang serba mahal ini. Dari mulai uang sekolah, les, jajan, pakaian sampai-sampai sewa kos juga mereka pilihkan yang terbaik. Jadi, layaklah mereka mendapat penghormatan dari putra-putrinya.

Apa jawaban dari harapan mereka yang besar itu? Sekali lagi kita saksikan bukti-bukti musibah yang sedang menimpa umat ini. Hardikan, cacian bahkan hinaan yang mereka dapatkan dari anak yang mereka rawat sedari kecil. Malin kundang zaman kini telah bermunculan bak cendawan setelah hujan. Orang tua yang seharusnya mereka sayangi dan kasihi mereka campakan ke panti-panti jompo dengan alasan jalan terbaik untuk merawat mereka! Allohu akbar..

Sadarkah kita sebagai anak bahwa hanya akhlaq yang baik sajalah yang patut kita persembahkan kepada mereka. Ya Alloh, maafkan hambamu yang pernah berkata kesat terhadap mereka.. memperlakukan mereka seperti pembantu! Atau pernah memarahi mereka karena kaos kaki yang hilang! Sarapan yang tidak sedap! demi Alloh! Hati mereka jauh lebih berharga dari hanya sekedar kaos kaki yang hilang.. Allohumaghfir lana dzunuubanaa!

Bagi anda yang memiliki orang tua, memiliki kemauan menuju jalan yang diridhoi, memiliki ketakutan terhadap pedihnya api neraka, marilah kita sama-sama bertaubat, Sama-sama memohon perlindungan kepada Alloh dari akhalq yang tercela. Mudah-mudahan Alloh berikan kita kekuatan untuk berbakti kepada orang tua di sisa-sisa umurnya. Mudah-mudahan Alloh berikan kita kesempatan untuk melihat kebahagiaan pada akhir hayatnya..

Ya Alloh, kabulkanlah permohonan kami.. Allohummaghfir lii.. wa li waalidayya warhamhuma kama robbayaani shoghiiro..

(av/voa-islam)

 


latestnews

View Full Version