View Full Version
Kamis, 04 Feb 2016

Syukur di Lisan Saja Seperti Pegang Ujung Baju tapi Tak Dipakai

Oleh: Badrul Tamam

Al-Hamdulillah, segala puji milik Allah, Rabb semesta alam. Shalawat dan salam atas Rasulillah –Shallallahu 'Alaihi Wasallam-, keluarga dan para sahabatnya.

Hakikat syukur harus mencakup tiga komponen; hati, lisan, dan anggota badan. Hati mengakui pemberi nikmat adalah Allah sehingga melahirkan kecintaan kepada-Nya. Lisan, menyebut nikmat Allah dengan Hamdalah dan menyandarkan nikmat kepada-Nya. Sedangkan syukur anggota badan, menggunakan nikmat untuk ketaatan kepada Allah dan menjauhi maksiat terhadap-Nya.

Syukur adalah hak Allah yang wajib ditunaikan para hamba-Nya. Allah telah memerintahkan syukur di banyak ayat Al-Qur'an. Menunjukkan pentingnya masalah syukur dan kedudukannya yang tinggi di sisi Allah. Tidaklah memperolehnya kecuali orang-orang yang mendapat taufiq dan memiliki kesungguhan yang tinggi.

Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman,

وَقَلِيلٌ مِنْ عِبَادِيَ الشَّكُورُ

Dan sedikit sekali dari hamba-hamba Ku yang bersyukur.” (QS. Saba’: 13)

Karenanya, misi iblis dan para pengikutnya adalah menjadikan manusia jauh dari kesyukuran.

ثُمَّ لَآَتِيَنَّهُمْ مِنْ بَيْنِ أَيْدِيهِمْ وَمِنْ خَلْفِهِمْ وَعَنْ أَيْمَانِهِمْ وَعَنْ شَمَائِلِهِمْ وَلَا تَجِدُ أَكْثَرَهُمْ شَاكِرِينَ

Kemudian saya akan mendatangi mereka dari muka dan dari belakang mereka, dari kanan dan dari kiri mereka. Dan Engkau tidak akan mendapati kebanyakan mereka bersyukur.” (QS. Al-A’raf: 17

. . . Sedangkan syukur anggota badan, menggunakan nikmat untuk ketaatan kepada Allah dan menjauhi maksiat terhadap-Nya. . .

Ada sebagian orang yang memahami syukur terbatas pada ucapan lisannya. Yaitu pujian kepada Allah dan menyebut nikmat-nikmat-Nya. Sementara dirinya jauh dari ibadah dan ketaatan kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala.

Abu Hazim berkata, ”sesungguhnya orang yang hanya bersyukur dengan lisannya itu seperti seseorang yang memiliki pakaian tetapi ia hanya memegang ujungnya, tidak memakainya. Maka ia pun tidak terlindungi dari panas, dingin, salju, dan hujan.” Wallahu A'lam.

Simak video tentang syukur dengan judul, “Hakikat Syukur: Gunakan Nikmat untuk Ibadah”, bersama: Ust. Muhammad Wujud Arba’in, di madanitv.net. [PurWD/voa-islam.com]


latestnews

View Full Version