View Full Version
Sabtu, 20 Oct 2018

Dosa Sebab Datangnya Bencana

Oleh: Badrul Tamam

Al-Hamdulillah, segala puji milik Allah, Rabb semesta alam. Shalawat dan salam atas Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam, keluarga dan para sahabatnya.

Al-Qur’an mengisahkan kaum Nabi Nuh, kaum Nabi Luth, kaum Tsamud, kaum ‘Ad, kaum Madyan, Fir’aun, Haman, dan Qarun . Mereka tercatat sebagai manusia-manusia yang perkasa, kuasa, dan kaya raya. Tapi mereka sombong dan durhaka. Kemudian Allah binasakan mereka dengan adzab yang datang dari sisi-Nya.

فَكُلاًّ أَخَذْنَا بِذَنبِهِ فَمِنْهُم مَّنْ أَرْسَلْنَا عَلَيْهِ حَاصِبًا وَمِنْهُم مَّنْ أَخَذَتْهُ الصَّيْحَةُ وَمِنْهُم مَّنْ خَسَفْنَا بِهِ الأَرْضَ وَمِنْهُم مَّنْ أَغْرَقْنَا وَمَا كَانَ اللَّهُ لِيَظْلِمَهُمْ وَلَكِن كَانُوا أَنفُسَهُمْ يَظْلِمُون

Maka masing-masing (mereka itu) Kami siksa disebabkan dosanya, maka di antara mereka ada yang Kami timpakan kepadanya hujan batu kerikil dan di antara mereka ada yang ditimpa suara keras yang mengguntur, dan di antara mereka ada yang Kami benamkan ke dalam bumi, dan di antara mereka ada yang Kami tenggelamkan, dan Allah sekali-kali tidak hendak menganiaya mereka, akan tetapi merekalah yang menganiaya diri mereka sendiri.” (QS. Al-Ankabuut: 40)

Dikisahkan semua ini sebagai pelajaran bagi umat ini agar tidak mengikuti kesombongan dan kedurhakaan mereka. Segala penyimpangan yang mereka lakukan dalam masalah aqidah, ibadah, mu’amalah, dan amoral harus ditinggalkan. Penyimpangan itu menjadi sebab mereka dibinasakan.

[Baca: Istighfar Menangkal Datangnya Bencana]

Pada hakikatnya, Allah menghendaki kebaikan kepada mereka dengan diutusnya sejumlah Rasul dan sampainya peringatan-peringatan kepada mereka. Namun mereka mendustakan para rasul dan tidak menghiraukan peringatan-peringatan Allah. Bahkan mereka bertambah sombong dan durhaka. Saat mereka dipuncak kesombongan dan kedurhakaan Allah datangkan kepada mereka adzab secara tiba-tiba. Mereka pun binasa dalam kondisi terhina.  Wallahu A’lam. [PurWD/voa-islam.com]


latestnews

View Full Version