View Full Version
Selasa, 09 Feb 2010

Paus Akui Maraknya Skandal Seksual Pastor di Gereja Katolik Irlandia

VATIKAN (voa-islam.com) – Akhirnya Paus Benedictus XVI angkat bicara mengenai kasus pedophilia di gereja Katolik Irlandia, menyusul pengunduran diri Para pejabat Gereja di Irlandia terkait kasus pedophilia di gereja yang berlalu tanpa ada proses hukum apapun, baru-baru ini. Paus menyatakan menentang pelecehan terhadap anak-anak oleh para pastor.

Senin kemarin (8/2/2010), Paus mengatakan bahwa Gereja Katolik selama berabad-abad telah melindungi anak di bawah umur.

“Tindakan mereka sangat disesalkan dan dikutuk gereja,” kata Paus dalam pidato di Vatikan di hadapan para anggota Dewan Kepausan untuk Keluarga.

Saat ini, kata Paus, pihaknya sedang memproses surat resmi yang ditujukan kepada umat Katolik di Irlandia, perihal maraknya skandal pemerkosaan terhadap anak yang dilakukan di banyak gereja Katolik negeri itu.

...pelecehan seksual dan pemerkosaan terhadap anak yang dilakukan oleh para pastor selama tiga dekade telah ditutup-tutupi oleh pihak berwenang...

Paus mengadakan pembicaraan bersama uskup Irlandia, setelah menerima laporan "keras" oleh hakim Yvone Murphy di Keuskupan Agung Dublin yang merupakan keuskupan terbesar di Irlandia. Laporan itu menyebutkan bahwa pelecehan seksual dan pemerkosaan terhadap anak yang dilakukan oleh para pastor selama tiga dekade telah ditutup-tutupi oleh pihak berwenang.

Empat uskup mengundurkan diri setelah laporan tersebut dimunculkan pada bulan November tahun lalu oleh hakim Yvonne Murphy di keuskupan agung Dublin, yang terbesar di Irlandia, yang menyebutkan bahwa pihak berwenang telah menyembunyikan pelecehan anak di gereja Katolik oleh para imam selama tiga dekade.

...Penganiayaan anak-anak di keuskupan agung Dublin tertutupi oleh kasus pedophilia yang dilakukan oleh para pastor dari paroki ke paroki, sehingga membebaskan mereka untuk terus mencari korban baru...

Empat dari lima uskup yang disebutkan dalam laporan tersebut mengundurkan diri setelah terpublikasi. Penganiayaan anak-anak di keuskupan agung Dublin tertutupi oleh kasus pedophilia yang dilakukan oleh para pastor dari paroki ke paroki, sehingga membebaskan mereka untuk terus mencari korban baru, menurut laporan tersebut.

Laporan tersebut meliputi periode 1975 hingga 2004. [zak/adkronos]

Baca berita terkait:

  1. Akhirnya Paus Minta Maaf kepada Korban Pelecehan Seks Pastor di Irlandia
  2. Paus Hanya Kirim Surat untuk Atasi Pelecehan Seks Anak di Gereja-Gereja
  3. Pelecehan Seks di Gereja Belanda Sudah Terjadi Sangat Lama Sekali
  4. Dosa-dosa Seksual Para Pastor di Gereja Katolik Roma
  5. Giliran Denmark Akan Bongkar Skandal Seksual Pastor di Gereja Katolik
  6. Gereja Katolik Minta Maaf atas Wabah Pelecehan Seksual Pastur terhadap Anak-anak.
  7. Dituduh Pedofilia, Dua Uskup Mundur di Irlandia.
  8. Soal Skandal Seks Gereja Katolik: Tangkap dan Adili Paus Benediktus!

latestnews

View Full Version