View Full Version
Selasa, 22 Apr 2014

Perdana Menteri Inggris David Cameron : Inggris Negara Kristen!

LONDON (voa-islam.com) -Perdana Menteri Inggris David Cameron dituduh mendorong perpecahan dalam masyarakat Inggris dengan artikel yang diterbitkan di surat kabar Kristen. Dalam artikelnya Camaeron menegaskan Inggris sebagai “Negara Kristen ”.

Sekelompok tokoh masyarakat terkemuka termasuk akademisi, ilmuwan dan penyiar, menulis dalam sebuah surat terbuka yang menuduh Cameron mendorong perpecahan dalam masyarakat, Senin, 21/4/2014.

Perdana Menteri Cameron menulis sebuah artikel untuk surat kabar Gereja Anglikan Times pekan lalu mengatakan warga Inggris dan Inggris harus “lebih percaya diri tentang status kita sebagai negara Kristen”, tegasnya..

Lebih dari 50 penandatangan surat terbuka mengatakan dalam tanggapan mereka bahwa Cameron “dihormati” untuk hak untuk keyakinan agamanya, tetapi menambahkan : “Kami keberatan dengan menegaskan Inggris sebagai “Negara Kristen”, dan akan melahirkan konsekuensi negatif bagi politik dan masyarakat Inggris”, ungkap pernyataan tokoh-tokoh di Inggris.

Dalam sebuah surat terbuka kepada Daily Telegraph Inggris, penandatangan juga menggarisbawahi : “Survei berulang, jajak pendapat dan penelitian menunjukkan sebagian besar dari rakyat Inggris sebagai individu bukan penganut Kristen, baik dalam keyakinan kita atau identitas keagamaan kami dan pada tingkat sosial, Inggris telah dibentuk oleh banyak pra-Kristen, non-Kristen dan kekuatan pasca-Kristen”.

“Untuk terus mengklaim Inggris sebagai “Negara Kristen”, justru sebaliknya mendorong keterasingan dan perpecahan dalam masyarakat kita”, kata 55 anggota kelompok yang menolak status Inggris sebagai “Negara Kristen” termasuk pemenang hadiah Nobel John Sulston .

“Ini sia-sia yang akan menjadi bahan bakar, dan memiliki kelemahan, dan menimbulkan perdebatan sektarian, yang pada umumnya tidak ada lagi dari kehidupan rakyat Inggris, yang tidak ingin agama atau identitas keagamaan secara aktif diprioritaskan oleh pemerintah mereka”, tambah surat para penanda tangan itu.

Sensus 2011 menunjukkan pemeluk agama Kristen adalah agama terbesar di Inggris dan Wales, tetapi jumlah orang yang menganut agama Kristen telah menurun drastis dari hampir 72 persen pada tahun 2001 menjadi lebih dari 59 persen, atau 33.200.000 orang dari jumlah penduduk Inggris yang hampir 80 juta.

Sebaliknya, sekitar 14 juta orang mengatakan mereka tidak beragama. Sementara itu, David Cameron mengatakan perayaan Paskah bulan ini dia mengaakan, “bangga menjadi seorang Kristen dan anak-anak saya sekolah di gereja”.

Dalam sebuah artikel di Gereja Times pekan lalu, ia menggambarkan dirinya sebagai “anggota dari Gereja Inggris, dan , saya kira, yang klasik satu : Tidak teratur menghadiri acara di gereja, dan sedikit kabur menyangkut masalah ajaran agama, dan lebih sulit dari iman”, tambahnya.

Komentar Cameron menimbulkan ketegangan antara Gereja Inggris dan Partai Konservatif, menjadi pendukung utama dalam pemerintahan koalisi Inggris yang menghadapi pemilihan parlemen tahun depan .

Para pemimpin Gereja telah bergabung untuk mengkritik reformasi kesejahteraan dan meningkatnya penggunaan jaminan sosial terutama pembagian makanan gratis di seluruh Inggris.

Seorang juru bicara Cameron mengatakan pandangan perdana menteri bahwa Inggris tidak perlu takut untuk menyebut dirinya sebuah negara Kristen tidak berarti ia merasa itu salah untuk memiliki iman, atau tidak beriman.

“Dia telah mengatakan pada banyak kesempatan bahwa ia sangat bangga bahwa Inggris adalah negara bagi banyak komunitas agama yang berbeda , yang melakukan begitu banyak untuk membuat Inggris sebuah negara yang lebih kuat”, katanya. Ini sebuah peristiwa yang sangat penting, di mana seorang pemimpin negara besar, seperti Inggris, di mana Perdana Menteri Inggris, berani menegaskan identitas negaranya, sebagai “Negara Kristen”. (afgh/wb/voa-islam.com)


latestnews

View Full Version