View Full Version
Rabu, 04 Nov 2015

JITU Bandung Ajak Pengurus Ormas Islam Ikut Pelatihan Jurnalistik Dakwah

BANDUNG (voa-islam.com)--Para insan media yang tergabung dalam Jurnalis Islam Bersatu (JITU) Bandung berencana mengadakan Pelatihan Jurnalistik dan Kehumasan (PJK), Sabtu (07/10/2015) mendatang.

Pelatihan bertajuk Bersinergi Membangun Jurnalisme Dakwah ini diperuntukan untuk ormas, komunitas, dan kelompok Islam lainnya yang memiliki spirit berdakwah, khususnya lewat tulisan.

Akan hadir sebagai pemateri, Redaktur Pelaksana Islampos M. Pizaro Novelan Tauhidi, Wartawan Senior HU Pikiran Rakyat Achmad Setiyaji, Pemimpin Redaksi Tabloid Alhikmah Habe Sungkaryo, dan Ketua Umum JITU, Agus Abdullah.

Kegiatan perdana ini rencananya dilaksanakan selama satu hari penuh di Gedung Wakaf No 99 Sukaluyu – Bandung dari pukul 08.00 WIB sampai selesai.

Ketua Pelaksana PJK Senandika M. Kevin mengatakan, kelompok-kelompok ini telah lama berkiprah di dunia dakwah. Hanya sayang, kegiatan mereka banyak yang tidak tersiar, tertahan di media publikasi masing-masing.

“Karenanya untuk menjangkau segmentasi yang lebih luas serta efektifitas dalam menyampaikan pesan, perlu ada kerja sama yang apik antara ormas atau kelompok-kelompok tadi dengan media itu sendiri,” kata Senandika, Selasa (03/10/2015).

“Ketika ada acara, untuk kebutuhan publikasi biasanyamereka mengundang wartawan untuk datang ke lokasi. Karena pelbagai hal, tidak selamanya wartawan itu bisa menghadiri undangan tersebut. Ya, alhasil, kegiatan sebagus apa pun, ketika tidak terberitakan bisa dikatakan berakhir begitu saja,” paparnya.

Senandika yang juga jurnalis dari Alhikmah.co ini menambahkan, ada juga yang melaporkan kegiatan sebagaimana versi yang mereka pahami. Namun, karena minimnya pengalaman menulis, misalkan, banyak contenty ang perlu dibenahi. Sehingga, imbuhnya, media kerap kerja dua kali lebih berat untuk bisa menghadirkan sajian berita yang sesuai gaya media tersebut, dengan tidak menghilangkan makna awal dari berita yang dikirimkan.

“Dari sanalah lahir ide memberikan pelatihan menulis untuk ormas dan kelompok-kelompok Islam tadi. Dengan pelatihan ini mereka mendapatkan ilmu dan tips menulis. Feedback-nya, bisa membuat rilis sesuai standar-standar media,” lanjut Senandika.

Sedikit membocorkan, Senandika mengatakan, bukan hanya materi humas dan jurnalistik dasar yang akan diterima peserta. Melainkan ada juga diskusi-diskusi ringan semisal kasus-kasus ketimpangan pemberitaan di pelbagai media mainstream.

Senandika berharap, kegiatan perdana yang dihelatnya ini bisa menjadi ajang pencarian penulis potensial. Khususnya, yang bisa berkontribusi untuk media Islam dalam hal dakwah bil qalam.

“Ya, memang ini proses yah, ke depannya juga akan ada pelatihan-pelatihan lanjutan yang masih erat kaitannya dengan hal-hal yang seperti ini. Jadi bagi sesiapa yang berkenan, penasaran, dan mempunyai waktu yang luang, jangan buang kesempatan segera daftar di acara ini,” pungkasnya mengajak.

Acara ini mendapat dukungan penuh dari Sinergi Foundation, Radio Fajri Bandung dan media-media Islam lainnya yang tergabung dalam JITU, baik cetak, elektronik, maupun online.* [Syaf/voa-islam.com]


latestnews

View Full Version