View Full Version
Selasa, 05 Dec 2017

Ikuti Ngaji 'Metal' di MadaniTV Setiap Selasa Sore

Semangat berislam masyarakat bergeliat. Kajian keislaman tidak lagi di masjid saja. Perkantoran dan tempat serupa sudah banyak menyelenggarakannya. Di antaranya fenomenanya adalah semangat membaca Al-Qur'an dan menghafalkannya.

Bagi orang tua, terkejar dealine amal, cukup berat kalau harus memulai dari nol (membaca huruf hijaiyah dan mengejanya). Maka diperlukan langkah dan metode agar seseorang yang belum lancar baca Al-Qur'an, atau bahkan belum bisa baca sekalipun, tetap bisa hafal sekian ayat atau sekian surat. Oleh karena itu dibutuhkan sebuah pendekatan untuk memberi jalan keluar.

Hal inilah yang melatarbelakangi lahirnya metode talqin (metal), yang kemudian dipopulerkan dengan #NgajiMetal (Ngaji Metode Talqin).

Metode talqin (metal) adalah sebuah bentuk pembelajaran Al-Qur'an yang memadukan antara perbaikan bacaan (tahsin) dan hafalan (tahfizh) sekaligus.

Seorang guru mencontohkan bacaan dengan sistematika dan pengulangan tertentu, lalu murid mengikutinya sampai menghasilkan bacaan atau hafalan sebagaimana yang dicontohkan. Setelah itu, murid membacakan hafalannya dengan disimak dan dikoreksi guru.

Metode ini cocok untuk semua usia. Bahkan cocok pula bagi orang yang ingin hafal, tapi belum bisa/lancar baca Al-Qur'an.

Betapa banyak orang yang berhasil hafal Al-Qur’an meskipun tidak bisa baca Al-Qur’an, misalnya dari kalangan mereka yang memiliki gangguan atau keterbatasan penglihatan, atau anak kecil yang memang belum bisa membaca maupun kaum lansia. Melalui metode talqin, banyak yang berhasil hafal Al-Qur’an.

MadaniTV 'Membina Masyarakat Madani' menghadirkan program baru “Menghafal Al-Qur'an dengan Talqin” bersama founder #NgajiMetal, Ust. Salafudin Abu Sayyid setiap Selasa, pukul 16.00 sore.

Program ini tayang perdana ‘Live on Air’ pada Selasa (5/12/17) sore nanti. Pemirsa bisa mengikuti secara live streaming di www.madanitv.net, atau melalui parabola satelit palapa freq 03627 symsols rate 18000 polaris H.

Ajak sanak kerabat dan kawan menghafakan Al-Qur'an dengan #NgajiMetal. [PurWD/voa-islam.com]

 

Share this post..

latestnews

View Full Version