View Full Version
Rabu, 12 Aug 2009

WHO: Sunat Mencegah AIDS

Nusa Dua (voa-islam)  Hasil penelitian di berbagai negara, seperti Thailand, Philipina, dan Amerika Serikat (AS), menunjukkan bahwa sunat atau khitan, yakni tindakan memotong kulup yang di wajibkan dalam ajaran Islam bagi pria muslim, efektif sebagai salah satu cara mencegah penularan wabah HIV/AIDS. hasil penelitian ini di rekomendsikan oleh badan kesehatan dunia (WHO) pada Kongres Internasional ke-9 tentang AIDS se-Asia Pasifik (ICAAP) yang berlangsung di Nusa Dua,bali, 9-13 Agustus.

Demikian di sampaikan oleh ketua Kongres Prof Dr. Zubairi Djoerban kepada wartawan di tengah kegiatan yang di ikuti oleh 3000 delegasi dai 65 negera tersebut. Ia menyampaikan secara umum negara-negara kawasan Asia Paisfik dalam kongres di Bali kali ini telah menyetujui penerapan sunat sebagai salah satu cara pencegahan HIV/AIDS,

Namun, menurut Zubairi, implementasi sunat di serahkan kepada masing-masing negara, Sebab hal itu bersifat rekomendasi. Yang terpenting kedepan adalah implementasi sunat sebagai salah satu cara pencegahan HIV/AIDS di kawasan Asia-Pasifik, namun masih terbentur masalah perbedaan agama.

Walaupun hal tersebut telah di buktikan secara ilmiah, dalam implementasinya masih terbentu masalah SARA. Bagaimana dengan agama? inilah yang menjadi tantangan,kata Zubairi.

Ia memberi contoh Philipina, walaupun masyarakatnya kristen, semua disunat. Kemudian juga di Amerika Serikat (AS), hampir 80 persen penduduknya di sunat (aa/voa-islam/rpb)


latestnews

View Full Version