View Full Version
Selasa, 23 Dec 2014

Voa-Islamic Health (13): TEBU (Qashabus Sukkar), Yang Hitam Lebih Berkhasiat

Jakarta (voa-islam.com) - “Barang siapa mengisap tebu setelah makan,  pada hari itu ia akan terus bergembira.”

Begitulah ucapan seorang imam pakar pengobatan, Affan bin Muslim Ash-Shaffar, menggarisbawahi khasiat tebu. Ada juga yang mengatakan, tebu itu “airnya lebih manis dibanding gula”. Memang istilah “gula” belum ada, atau belum begitu lazim, pada pengobatan zaman dulu – zaman para sahabat Nabi SAW atau beberapa waktu sesudahnya. Tapi, seperti disebutkan dalam Metode Pengobatan Nabi SAW, Ibnu Qayyim Al-Jauziyah menyatakan, sebagai obat, tebu lebih efektif dibanding gula (Griya Ilmu).

Tebu, menurut buku itu, dapat mengobati penyakit batuk karena fungsinya yang membersihkan lendir di tenggorokan. Bisa juga membantu membersihkan kandung kencing. Energi pada air tebu sangat bermanfaat membantu memperkuat stamina tubuh untuk mencegah atau mengobati penyakit. Cara menggunakanya sebagai obat, masih menurut Ibnu Qayyim, diisap-isap begitu saja atau terlebih dulu dibakar atau disiram dengan air panas.

Di Indonesia terdapat belasan jenis tebu, dan setiap jenis memiliki ukuran serta warna batang masing-masing. Tebu bisa tumbuh di dataran rendah maupun tinggi. Tapi, yang mengandung kadar gula tinggi adalah yang tumbuh di daerah beriklim udara sedang dan panas. Yaitu, antara ketinggian 1 sampai 1.300 dpl. Setiap batang tebu mengandung air gula sampai 20%.

Dari berbagai jenis tebu, yang biasa dipergunakan untuk obat, baik batang maupun akarnya, adalah jenis “tebu hitam (Cirebon)”. Menurut buku Khasiat Tanaman Obat (Pustaka Buku Murah), tebu umumnya dimanfaatkan untuk mengobati penyakit jantung berdebar-debar, sakit panas, dan batuk.

Jantung Berdebar-debar

Tiga genggam akar tebu hitam dicuci bersih, lalu direbus dengan dua gelas air hingga mendidih, dan airnya tinggal satu gelas. Setelah disaring, airnya diminum dua kali sehari.

 

Sakit Panas

Beberapa ruas tebu hitam dikupas dan dimemarkan, diperas, diambil airnya. Diminumkan kepada si sakit sesering mungkin.

           

Sakit Batuk

Tiga sampai lima ruas tebu hitam dibakar, dikupas kulitnya, dimemarkan, lalu diperas. Airnya diminum sehari dua hingga tiga kali sampai batuk reda dan sembuh. (may/voa-islam.com)


latestnews

View Full Version