View Full Version
Jum'at, 26 Jun 2015

Pecandu Narkoba Bukan Dijauhi, Dikucilkan, tapi Dekati & Obati

JAKARTA (voa-islam.com)- Sepatutnya yang telah terlanjur terjun ke kubangan narkoba jangan dikucilkan, terlebih dari keluarga. Mengingat hal tersebut bukanlah aib yang mesti ditutupi, melainkan harus diobati.

"Di Indonesia, ada anak menggunakan narkoba, dianggap aib keluarga. Dia dikucilkan," kata Anang dalam diskusi bertajuk Rehabilitasi Sebagai Solusi Alternatif Atasi Indonesia Darurat Narkoba, di Jakarta, Kamis (25/06/2015) seperti yang dikutip Antara.

Keluarga seharusnya mendukung agar si pemakai atau pecandu dapat pulihseperti sediakala. Dan jangan biarkan mereka merenung tanpa arti, serta menyendiri.

Jangan biarkan korban merenung sendiri, melamun. Yakinlah bahwa penyalah guna bisa pulih," katanya.

Ia pun menegaskan bahwa upaya rehabilitasi pengguna narkoba tidak memakan biaya yang mahal. Pasalnya upaya rehab bisa dilakukan oleh keluarga penyalah guna dengan menggunakan sarana ruangan kosong.

Sementara dalam pemulihannya, pengguna bisa diberikan berbagai terapi untuk memulihkan kondisi tubuhnya dari efek narkoba.

"Masukkan pengguna narkoba di ruang tertutup. Seminggu kemudian, akan terdetoks (tubuh pengguna) secara alami. Kemudian rehab dengan pendekatan agama, pendekatan psikologis, lama-lama dia akan menemukan semangat, beri dia aktifitas, dia akan sembuh," katanya. (Robigusta Suryanto/voa-islam.com)


latestnews

View Full Version