View Full Version
Kamis, 21 Jan 2016

Dua Ratus Muslim Kokoda Sorong Dapat Pengobatan Gratis IMS dan BMH

SORONG (voa-islam.com)—Islamic Medical Service (IMS) bekerjasama dengan Baitul Maal Hidayatullah (BMH) menggelar pengobatan gratis (Gerakan Peduli Sehat-GPS) kepada komunitas Muslim Kokoda, Sorong, Papua Barat, Sabtu-Ahad (16-17/1/2016) lalu.

Sebanyak 200 penduduk Muslim Kokoda merasakan manfaat dari program GPS ini. Tak hanya pengobatan dan pemeriksaan umum saja, pada kesempatan ini IMS dan BMH membagikan makanan ke anak-anak Muslim Kokoda.

Menurut dokter Syaifuddin Hamid, Ketua Tim Medis IMS mengatakan penyakit yang diderita oleh anak-anak adalah sebagian besar adalah cacingan dan gizi buruk.

“Melihat pertumbuhan anak-anak Muslim Kokoda dengan mata telanjang, ada indikasi mereka kekurangan gizi. Dengan tanda-tanda badan kurus dan perut buncit. Dengan gejala tersebutdilatar belakangi oleh kurangnya pengetahuan tentang perilaku hidup bersih di lingkungan yang mereka tempati,” ungkap Syarifuddin.

Sementara para lelaki dan wanita dewasa di sana rata-rata mengidap penyakit ISPA, gastritis, hipertensi dan reumatik.

Masyarakat penerima manfaat sangat senang dengan pengobatan gratis ini. Ucapan terima kasih dan doa disampaikan oleh masyarakat Muslim Kokoda. “Pengobatan ini baru pertama kali ada. Senang dengan acara pengobatan ini, sehingga saya semangat bekerja,” kata Rifah, ibu berusia 100 tahun.* [IMS/Syaf/voa-islam.com]

 


latestnews

View Full Version