View Full Version
Rabu, 01 Jun 2016

Riset Membuktikan bahwa Poligami adalah Kunci untuk Memperpanjang Usia

Berbeda dengan keyakinan salah yang terlanjur dianut banyak orang bahwa kehidupan poligami bisa memperpendek usia laki-laki, temuan berikut ini berkata sebaliknya. Riset yang dilakukan oleh peneliti dari Universitas Sheffield, Inggris menunjukkan temuan terbaru tentang kehidupan poligami. Temuan tersebut menunjukkan bahwa pelaku poligami memunyai peluang hidup lebih lama 12% daripada mereka yang hanya hidup dengan monogami alias satu istri. Penelitian ini dilakukan di 140 negara fokus ke pelaku poligami.

Virpi Lummaa, salah satu peneliti menyajikan temuannya ini di pertemuan tahunan International Society for Behavioral Ecology di Ithaca, New York. Kunci dari usia panjang laki-laki tersebut adalah dengan menikah lagi.

Bisa jadi memunyai istri lebih dari satu memang sedikit merepotkan. Tapi di balik segala kerepotan yang ada, suami bahagia. Terlebih lagi dengan bertambahnya jumlah istri dan anak, seorang suami merasa lebih bertanggung jawab sehingga dia akan menjaga staminanya agar tetap sehat supaya bisa terus menafkahi keluarga. Poin ini dimuat di New scientist dan dikutip oleh the renaissanceng.

Peneliti di Universitas Sheffield mengungkap ‘manfaat’ poligami dengan meneliti data yang ada pada WHO di bidang perkawinan dan peluang hidup. Analisis yang dihasilkan menunjukkan bahwa laki-laki yang hidup di negara yang lazim beristri lebih dari satu, cenderung hidup lebih lama daripada mereka yang beristri satu atau monogami.

...dengan bertambahnya jumlah istri dan anak, seorang suami merasa lebih bertanggung jawab sehingga dia akan menjaga staminanya agar tetap sehat supaya bisa terus menafkahi keluarga...

Temuan ini sudah termasuk memperhitungkan faktor situasi ekonomi satu negara untuk meminimalkan efek adanya perbaikan gizi dan kesehatan di  negara-negara barat penganut monogami.

Tuntutan untuk bisa menafkahi para istri beserta anak-anak dengan baik membuat laki-laki akan menjaga tubuh dan kesehatannya. Selain itu, laki-laki yang berpoligami juga akan mendapat perhatian dan perawatan kesehatan yang baik dari para istri.

Ilmuwan Lance Workman, seorang psikolog evolusioner di Universitas Bath Spa berkata, “Jika anda memunyai beberapa istri yang memperhatikan dan merawat anda, mungkin mereka akan saling cemburu dan berebut memberi lebih banyak perhatian. Tapi hal ini akan membuat anda hidup lebih lama.”

Dalam masyarakat yang menganut poligami, para laki-lakinya akan tampil dengan kualitas terbaik agar perempuan mau dengan dirinya kemudian menghasilkan keturunan yang baik pula. Gen baik akan diturunkan, termasuk dalam hal kesehatan untuk generasi berikutnya yang lebih baik.

Dr. Workman melanjutkan, “Jika anda lihat pada masyarakat yang berpoligami, kehidupan laki-lakinya lebih kompetitif karena tuntutannya pun juga lebih besar.”

Uniknya, Dr. Workman juga mengatakan, “Laki-laki yang paling sukses adalah yang bisa menikah empat.” (riafariana/dbs/voa-islam.com)

Ilustrasi: Google


latestnews

View Full Version