View Full Version
Selasa, 19 Jul 2016

Syawalan, IMS Gelar Layanan Kesehatan untuk Korban Erupsi Sinabung dan Longsor Purworejo

KARO, PURWOREJO (voa-islam.com)--Momen Syawal 1437 Hijriyah digunakan tim Islamic Medical Service (IMS) memberikan layanan kesehatan gratis bagi korban Gunung Sinabung, Sumatera Utara serta tanah longsor Purworejo, Jawa Tengah.

Pelayanan kesehatan bagi korban erupsi Gunung Sinabung berlangsung pada 9-10 Juli 2016. Pada aksi sosial ini tim IMS menurunkan empat personil medis.

Hari pertama, Sabtu (9/7/2016) IMS menggelar pelayanan kesehatan di posko pengungsian di Sigarang-garang. Sebanyak 98 pengungsi mendapat penanganan medis dari IMS.

Kemudian hari kedua, Ahad (10/7/2016) layanan kesehatan dilakukan di  Gedung  KNPI Kabanjahe. Sebanyak 87 pengungsi mendapat layanan kesehatan IMS.

Salah satu koordinator posko pengungsi, Sidabutar (48) mengatakan, “Bantuan kepada kami sudah mulai berkurang karena musibah ini sudah terlalu lama terjadi. Layanan kesehatan yang ditempatkan adalah para bidan dengan obat-obatan yang terbatas. Kami berterima kasih kepada IMS karena sudah mau datang kemari untuk kesekian kalinya.”

Selain memberikan layanan kesehatan kepada para pengungsi, IMS juga menyampaikan amanah dari donatur berupa bantuan sembako. Saat ini, dari informasi yang diperoleh IMS di lapangan, masih ada 9.200 pengungsi yang tersebar di sembilan lokasiberbeda yang membutuhkan bantuan.

 

Korban Longsor Purworejo

Sementara itu, IMS juga menggelar layanan kesehatan untuk korban longsor di Purworejo pada 16-17 Juli 2016. Longsor Purworejo terjadi beberapa hari menjelang Lebaran.

Lokasi pertama layanan kesehatan IMS dilakukan di dusun Gambasan. Tercatat sebanyak 20 warga mendapatkan layanan kesehatan IMS.

Lokasi kedua di Desa Sibatur. Sebanyak  23 warga terlayani dengan baik. Kemudian layanan kesehatan dilakukan di masjid Al Furqon Desa Ngesong,Kecamatan Kaligesing. Sebanyak  23 warga datang berobat. Selain mengobati para pasien, di lokasi ini IMS menyerahkan bantuan berupa peralatan sholat untuk warga dan masjid.

Pada hari kedua di Purworejo hanya dua lokasi yang dapat dijangkau IMS yakniDesa Tlogorejo dan Desa Sidomulyo. Di Tlogorejo tercatat 45 warga yang mendapatkan layanan kesehatan. Sidomulyo sebanyak 13 warga. Sebagian besar pasien mengeluhkan hipertensi, rematik, flu, pegal-pegal, dan gatal-gatal.* [Syaf/voa-islam.com]

 


latestnews

View Full Version