View Full Version
Kamis, 12 Jan 2017

Khasiat Buah Pisang Matang Kecoklatan

Buah pisang, seringkali disajikan di meja makan dalam kondisi ‘cantik’. Cantik di sini kulit buah terlihat segar berwarna hijau atau kuning tanpa ada bercak sedikit pun. Daging buah pun cenderung kesat saat dimakan. Saat kulit buah terlihat berubah kecoklatan dan dagingnya pun terasa lebih lembek, biasanya kita tidak lagi bernafsu untuk memakannya.

Tapi ternyata, kandungan gizi buah pisang yang kulitnya berubah bintik kecoklatan jauh lebih bagus daripada yang masih ‘cantik’. Buah pisang yang sudah matang mengandung zat yang bernama TNF (Tumor Necrosis Factor). Zat ini memunyai kemampuan menghambat perkembangan sel yang tumbuh abnormal sebagai anti kanker. Semakin banyak bercak kecoklatan pada kulit pisang, semakin bagus pula kualitas yang membangun kekebalan tubuh sehingga kanker bisa dicegah sedari dini.

Pisang yang semula berwarna hijau kemudian berubah menjadi kuning mengalami perubahan gizi dalam kandungannya. Zat antioksidan sebagai pencegah kanker semakin meningkat saat buah pisang menjadi makin masak. Pada kondisi ini, sari pati yang ada diubah menjadi zat gula sederhana yang jauh lebih mudah untuk dicerna. Khasiat pisang berbintik coklat pun lebih efektif hingga delapan kali lipat daripada pisang yang masih berwarna hijau. Itu karena terjadi peningkatan sel darah putih hingga delapan kali lipat yang berfungsi sebagai anti kanker dan mencegah mutasi sel.

...Buah pisang matang meningkatkan jumlah sel darah putih dan daya tahan tubuh, serta memproduksi zat anti kanker TNF...

Sejumlah ilmuwan Jepang melakukan penelitian bahwa kandungan gizi yang terdapat pada buah pisang yang matang jauh lebih bagus daripada buah lain semisal anggur, apel, semangka, nanas, pear dan kesemak. Buah pisang matang meningkatkan jumlah sel darah putih dan daya tahan tubuh, serta memproduksi zat anti kanker TNF. Sehingga sangat disarankan untuk mengonsumsi buah pisang matang sebanyak satu atau dua buah setiap hari untuk meningkatkan kekebalan tubuh terhadap penyakit semisal pilek, flu dan sebagainya.

Satu hal yang harus diingat adalah kondisi kematangan pada pisang. Jangan sampai pisang yang berbintik coklat tadi berubah menjadi coklat seluruhnya sehingga kulitnya mengelupas. Karena dalam kondisi ini kandungan gizinya akan mengalami perubahan lagi. Oleh karena itu, makanlah pisang dengan kulit berbintik coklat dengan segera. Bila tidak, maka masukkan buah pisang ke lemari pendingin agar tidak mengalami kematangan yang berlebihan. Nah, selamat menikmati buah pisang berbintik coklat. (riafariana/dbs/voa-islam.com)

Ilustrasi: Google

Share this post..

latestnews

View Full Version