View Full Version
Rabu, 05 Apr 2017

Secangkir Teh Setiap Hari, Mencegah Kepikunan Saat Diri Menua Nanti

Salah satu yang dikhawatirkan oleh banyak orang ketika diri menua adalah hadirnya kepikunan. Mudah lupa, ingatan menurun drastis, bahkan bisa jadi pikun untuk hal-hal sepele. Jangan khawatir, ternyata semua itu bisa diatasi dengan mengonsumsi secangkir teh setiap hari.

Penelitian terbaru yang dilakukan oleh Assistant Professor Feng Lei dari the Department of Psychological Medicine at National University of Singapore's (NUS) Yong Loo Lin School of Medicine menunjukkan hal tersebut. Jenis teh yang bisa dikonsumsi untuk keperluan pencegahan kepikukan ini juga bisa segala jenis daun teh baik teh hijau, teh hitam ataupun teh oolong.

Penelitian ini dilakukan terhadap 957 manula Cina yang berusia 55 tahun atau lebih. Hasilnya adalah menurunnya tingkat kepikunan hingga 50%. Angka ini bisa mencapai 86% bagi mereka yang secara genetis memunyai peluang untuk terkena penyakit Alzheimer. Fungsi teh sebagai pencegah kepikunan berlaku untuk semua ras meskipun yang diteliti adalah manula Cina.

Daun teh mengandung zat bioaktif yang terdiri dari  catechins, theaflavins, thearubigins and L-theanine. Berbagai zat tersebut mengandung anti inflamasi dan anti oksidan yang mampu mencegah otak dari kerusakan dan kepikunan.

Hasil penelitian ini telah dipublikasikan di scientific journal The Journal of Nutrition, Health & Aging pada bulan Desember 2016. Jadi tidak ada alasan bagi kita untuk tidak menikmati seduhan teh setiap hari, bukan? Secangkir teh yang anda konsumsi setiap hari berpeluang besar menjauhkan kepikunan di saat diri mulai menua nanti. (riafariana/voa-islam.com)

Sumber&ilustrasi: sciencedaily

 

Share this post..

latestnews

View Full Version