View Full Version
Selasa, 25 Apr 2017

Efek Negatif Minuman Bersoda bagi Otak

Segar dan trenyesnya minuman bersoda, ada kalanya membuat kita ketagihan. Apalagi bila disajikan dalam kondisi dingin, makin terasa segar dan enak di lidah. Sayangnya, minuman bersoda ternyata tidak bersahabat dengan kondisi kesehatan otak kita. Penelitian terbaru yang dimuat oleh sciencedaily menemukan efek negatif minuman bersoda bagi otak.

Kandungan gula dalam minuman bersoda berpotensi merusak kondisi otak, khususnya fruktosa pada minuman manis ini. Peneliti di Boston University menyatakan bahwa orang yang sering minum minuman bersoda cenderung lebih pelupa, volume otaknya mengecil, dan hippocampus pun mengecil. Hippocampus ini adalah area otak tempat mempelajari sesuatu dan mengingatnya.

Ah, kalau begitu mari ganti minuman kita dengan minuman soda yang ada kandungan dietnya. Tunggu dulu! Ternyata penelitian terbaru menemukan fakta bahwa minuman bersoda dengan kandungan diet dan dikonsumsi setiap hari itu malah lebih berbahaya tiga kali lipat daripada yang tidak. Bahaya ini dalam bentuk serangan stroke dan kerusakan otak. Penelitian ini telah dimuat di jurnal Alzheimer's & Dementia and Stroke. Minuman bersoda baik dengan kandungan diet atau tidak memunyai korelasi dengan dengan kerusakan otak berupa alzheimer dan stroke meskipun sifatnya bukanlah sebab dan akibat.

...Ternyata penelitian terbaru menemukan fakta bahwa minuman bersoda dengan kandungan diet dan dikonsumsi setiap hari itu malah lebih berbahaya tiga kali lipat daripada yang tidak...

Penelitian yang telah dilakukan hanya sebatas meneliti dan menemukan efek negatif minuman bersoda baik dengan kandungan diet atau tidak. Sayangnya, belum dilakukan penelitian bagaimana cara minuman bersoda ini bekerja sehingga bisa merusak otak hingga menyebabkan alzheimer dan stroke.

Pemanis buatan sebagai pengganti gula juga tidak menyelesaikan masalah ini. Sudha Seshadri, profesor di Fakultas Kedokteran Boston University menegaskan akan hal ini. Menurutnya tidak ada yang lebih sehat daripada kembali ke gaya hidup orang zaman dulu yaitu minum air jernih atau biasa kita sebut air putih.

Yuk, mulai berbenah dan berubah untuk hidup yang lebih baik. Mulai sekarang kurangi atau bahkan hindari mengkonsumsi minuman bersoda agar kualitas otak kita menjadi lebih baik. (riafariana/voa-islam.com)

 

Share this post..

latestnews

View Full Version