View Full Version
Rabu, 12 Jul 2017

Minum Kopi Setiap Hari untuk Usia yang Lebih Panjang

Penelitian terbaru menyatakan bahwa minum kopi setiap hari dapat memperpanjang usia hidup seseorang. Dalam secangkir kopi ternyata terdapat kandungan yang dapat menghindarkan seseorang pada resiko kematian akibat penyakit serangan jantung, kanker, stroke, diabates, dan penyakit lainnya.

Orang yang mengonsumsi kopi setiap hari mengalami penurusan resiko kematian hingga 12%. Angka ini akan lebih tinggi hingga 18% kalau kopi yang dikonsumsi sekitar 2 aau 3 cangkir sehari. Menurunnya tingkat kematian ini berlaku bagi mereka yang meminum kopi mengandung kafein atau pun non kafein. Hal ini dinyatakan oleh Veronica W. Setiawan, pimpinan peneliti dan assosiate profesor di Keck School of Medicine of USC.

“Kami tidak mengatakan bahwa minum kopi dapat memperpanjang usia tapi kami melihat ada kaitannya,” kata Setiawan.

“Jika anda seorang yang suka minum kopi, maka teruskan saja kebiasaan itu. Tapi bila anda bukan yang suka minum kopi, maka anda sebaiknya mulai berpikir untuk memulainya,” lanjutnya.

Penelitian ini akan dipublikasikan di Annals of Internal Medicine edisi 11 Juli 2017. Data yang digunakan dari Multiethnic Kohort Study, penelitian gabungan antara University of Hawaii Cancer Center dan the Keck School of Medicine.

Berbagai ras dan suku bangsa terlibat di dalam penelitian ini. Ada kulit putih atau biasa disebut white, Afrika-Amerika, Latin dan Asia ada semua sebagai subjek penelitian. Hasilnya, apapun etnis peminum kopi, menunjukkan hasil yang sama tentang adanya keterkaitan dengan menurunnya tingkat kematian. Dari poin ini, bisa diambil kesimpulan bahwa ada hubungan antara peminum kopi dengan turunnya tingkat kematian di semua etnis manusia. (riafariana/voa-islam.com)

Sumber: sciencedaily

Share this post..

latestnews

View Full Version