View Full Version
Selasa, 25 Jul 2017

Tips Masa Tua Sehat dan Bahagia

SEMARANG (voa-islam.com)--Penuaan merupakan sebuah proses normal kehidupan yang terjadi pada setiap manusia dan tidak dapat dihindari. Tanpa kita sadari, saat proses penuaan, manusia akan mengalami hilangnya kemampuan jaringan tubuh untuk mengganti atau memperbaiki diri sehingga fungsi normal tubuh akan terganggu.

“Pada lansia (lanjut usia) biasanya alami sindroma geriatri seperti gangguan fungsi kesadaran, kewaspadaan, proses berpikir memburuk secara mendadak, gangguan saraf otonom, kehilangan fungsi intelektual atau memori yang berat,” jelas dr. Budi Hadiwibowo dalam siaran pers yang diterima Voa Islam, Selasa (25/7/2017) siang.

Sebagaimana diketahui Efkasula adalah nama lain dari Fakultas Kedokteran Unissula. Di tahun itu, ejaan FK Unissula masih bernama Efkasula. Dr Budi Hadiwibowo sendiri angkatan 1967.

Meski begitu, kata dr Budi, menjadi tua pun tidak harus selalu sakit sakitan. Asalkan sukses menjalankan pola hidup sehat semasa hidup maka akan membuat seseorang dapat menikmati masa tua dengan sehat dan bahagia serta kualitas hidup yang baik.

Lebih lanjut, dr Budi membeberkan kiat pola hidup yang bisa dilakukan untuk membuat masa tua tetap menjadi sehat. “Pertama, lebih banyak berolahraga dan beraktivitas. Kedua, makan makanan yang sehat dengan mengkonsumsi buah dan sayur untuk menangkal radikal bebas penyebab penuaan. Ketiga, selalu tertawa dan berbahagia . Keempat, menghindari beban pikiran yang membebani,” ungkap dia.

“Seseorang yang mau memasuki masa lansia juga harus mawas diri denganpenyakit yang pernah menyerangnya, karena saat terserang penyakit tertentu bisa segera mengatasinya dengan segera berobat ke dokter,” pungkasnya. * [Syaf/voa-islam.com]


latestnews

View Full Version