View Full Version
Ahad, 26 Nov 2017

Lakukan Olahraga Ini, In syaa Allah Terhindar dari Oestoporosis

 
SEMARANG (voa-islam.com) - Apakah kita menggemari olahraga jogging, bersepeda, berenang atau olahraga yang membutuhkan keseimbangan seperti senam, taichi dan sebagainya?
 
Jika jawabannya "ya" maka bersyukurlah, in syaa Allah Anda akan dijauhkan dari oestoporosis di masa tuanya. Seperti yang kita tahu oestoporosis merupakan kondisi dimana tulang mengalami penurunan kekuatan tulang sehingga berakibat pada tulang menjadi "mudah patah" dan rapuh. 
 
"Olahraga dipercaya mampu memperbaiki biomekanik, memperkuat otot dan ligamen sekitar lutut sehingga bisa meningkatkan kepadatan tulang" ujar dokter spesialis bedah orthopedi Hip and Knee RSI Sultan Agung, Wijiono dalam sebuah edukasi kesehatan. 
 
Menurut WHO, sebagaimana yang dikatakan oleh Wijiono, penderita oestoporosis tercatat sebanyak 335 juta orang dan diperkirakan pada tahun 2025 akan "meledak".
 
"Gejala khas yang menyertai oestoporosis adalah nyeri, gerak sendi tidak licin dan cenderung kaku setelah periode istirahat" ujarnya dalam keterangan tertulisnya yang diterima redaksi voa-islam.com.
 
Oestoporosis, masih menurut Wijiono, selain dipicu oleh bertambahnya usia, juga dipicu oleh penggunaan obat (tertentu) dalam jangka panjang (kortikosteroid).
 
Selain olahraga, Wijiono menambahkan kiat untuk menghindari oestoporosis. Pertama, meningkatkan asupan kalsium. Kedua, menjaga pola kesehatan dengan menjaga asupan makanan dan jika diperlukan adalah pengobatan. [syahid/voa-islam.com]

latestnews

View Full Version