View Full Version
Kamis, 01 Mar 2018

Manfaat Jalan Kaki untuk Kesehatan

Oleh: Ilyas Syaiful Malik

Mungkin kamu sering berjalan kaki. Namun apakah kamu tahu bahwa ternyata berjalan kaki tidak hanya bermanfaat untuk mengisi waktu luang? Pekerjaan “murah meriah” itu juga dapat memberi kita pengalaman yang mengesankan.

Coba ingat! Ketika berjalan kaki, pernahkah kamu dikejar-kejar anjing, masuk comberan (karena kurang hati-hati) atau tersandung sampai berdarah?

Kamu mungkin punya waktu khusus berjalan kaki, misalnya saat hari libur. Akan tetapi, sepertinya kebanyakan orang tidak membuat jadwal berjalan kaki. Padahal, jadwal diperlukan agar hal ini tidak menjadi soal “suka atau tidak”.

Memasukkan berjalan kaki sebagai jadwal rutin tidaklah sulit. Hari libur misalnya, sangat baik diisi dengan berjalan kaki. Bagi kita yang jarak sekolah dan rumah tidak jauh, berangkat ke sekolah tanpa kendaraan juga amat baik.

SEHAT ITU IRIT DAN SERU. Sebenarnya, mengapa kita perlu berjalan kaki? Alasannya, berjalan kaki membantu kita menjadi sehat. Tubuh kita akan terasa makin bugar kalau kita teratur berjalan kaki. Apalagi jika pemandangannya indah.

Untuk yang tinggal di kota, berjalan kaki sebaiknya dilakukan di pagi hari (saat udara masih bersih). Selain itu, kita irit. Uang untuk naik angkot atau naik ojek dapat ditabung atau disedekahkan. Tabungan adalah persiapan di kala ada kebutuhan mendadak.

Selain tahu manfaat berjalan kaki, kita juga perlu tahu sisi negatifnya. Yang sering terjadi adalah keseleo kalau salah jalan dan pegal-pegal. Makanya, berjalan kaki membutuhkan persiapan. Kita juga perlu tahu kiat-kiat berjalan kaki. Antara lain sebagai berikut :

  1. Sebaiknya, jalan kaki dilakukan pada pagi hari. Udara pagi tidak terlalu banyak terkena polusi.
  2. Bawalah air minum dari rumah untuk menghemat uang. Jajan dipinggir jalan juga tidak terlalu baik (belum dipastikan kehigenisannya)
  3. Pakai alas kaki. Di jalan mungkin terdapat paku atau benda kecil yang tajam dan dapat melukai kaki. Akan tetapi, jika memungkinkan, berjalan kaki tanpa sepatu juga baik.
  4. Lebih baik tidak membawa barang berharga untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Nah, sekarang bagaimana denganmu? Apakah lebih suka berjalan kaki atau tidak? Pilihan ada di tanganmu, mau sehat dengan cara mudah dan murah? Coba berjalan kaki, yuk! J

Share this post..

latestnews

View Full Version