View Full Version
Ahad, 16 May 2021

Sampah Hari Pertama Lebaran di Jakarta Menurun Dibandingkan Tahun Lalu

JAKARTA (voa-islam.com)--Volume sampah pada hari pertama Lebaran yang dikirim ke Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) Bantar Gebang, Bekasi, Jawa Barat, tahun ini mencapai 2.142 ton. Jumlah ini menurun dibandingkan periode yang sama tahun lalu sebanyak 2.195 ton.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, Syaripudin mengatakan, pada tahun ini sampah diangkut ke TPST Bantar Gebang menggunakan 405 rit truk.

"Untuk pengangkutan pada tahun lalu mencapai 432 rit truk," ujarnya, Jumat (14/5). 

Ia menambahkan, pada H-1 Lebaran tahun ini total sampah mencapai 8.713 ton dengan pengangkutan menuju TPST Bantar Gebang 1.580 rit truk sampah.

"Tonase sampah yang dikirim ke TPST Bantar Gebang beberapa hari sebelum Lebaran mengalami kenaikan karena adanya kegiatan pengosongan Dipo dan TPS. Tujuannya, agar para supir truk sampah dapat bersilaturahmi dengan keluarga pada saat Hari Raya Idulfitri," ungkapnya.

Syafipudin menjelaskan, TPST Bantar Gebang tetap beroperasi saat Hari Raya Idulfitri hingga pukul 04.00 WIB dan buka kembali pada pukul 10.00 WIB.

"Per hari ini dwilling time atau waktu rata-rata truk sampah mengantre, menimbang dan menurunkan sampah di sana hanya 3 jam 47 menit. Ini salah satu indikator pengelolaan TPST Bantar Gebang tetap normal," tandasnya.* [PPID/Syaf/voa-islam.com]


latestnews

View Full Version