View Full Version
Kamis, 03 Jun 2021

Buah Terbaik untuk Dikonsumsi Menurut Ahli Gizi

JAKARTA (voa-islam.com) - Bila dibandingkan dengan jenis buah-buahan lain, buah berry memiliki kandungan serat tertinggi. Namun di antara jenis buah berry, mana yang terbaik untuk dikonsumsi?

Satu cangkir buah berry mengandung sekitar 8 gram serat. Kandungan serat ini setara dengan 32 persen kebutuhan asupan serat harian bagi tubuh.

"Bila membahas buah, berry berada di urutan teratas," papar ahli gizi Amy Goodson MS RD CSSD LD, seperti dilansir EatThis seperti dilansir republika.co.id.

Menurut American Heart Association, konsumsi serat memiliki beberapa manfaat. Sebagian di antaranya adalah membantu menjaga kesehatan usus, pencernaan, dan bahkan dapat membantu penurunan berat badan.

Di samping kandungan serat yang tinggi, buah berry juga memiliki kandungan antioksidan yang kuat. Antioksidan-antioksidan dalam buah berry memiliki sifat antipenuaan. Bukti ilmiah menunjukkan bahwa buah berry dapat membantu memperpanjang harapan hidup.

Antioksidan diketahui dapat melindungi sel-sel tubuh dari radikal bebas. Paparan radikal bebas dapat menyebabkan terjadinya stres oksidatif dan dapat berujung pada terjadinya penyakit kronis seperti kanker atau penyakit jantung menurut studi dalam jurnal Proceedings of the National Academy of Sciences of the United States of America.

Pada dasarnya, ada beragam makanan yang juga mengandung antioksidan. Hanya saja, Journal of Agriculture and Food Chemistry menunjukan bahwa berry memiliki antioksidan yang paling kaya, bersama dengan buah delima.

Selain baik untuk kesehatan tubuh, buah-buahan berry juga mudah untuk diolah dan dikombinasikan dengan makanan sehat lain. Sebagai contoh, buah-buahan berry dapat dicampurkan dengan sereal, oatmeal, atau yogurt untuk sarapan dan makanan pencuci mulut.

Buah-buahan berry juga dapat ditambahkan ke olahan roti hingga salad. Yang tak kalah lezat, berry juga bisa dibuat menjadi sajian smoothie atau langsung disantap dalam keadaan segar sebagai cemilan.

Ada beberapa buah yang dapat dikategorikan sebagai buah-buahan berry. Menurut Goodson, buah-buahan berry yang terbaik adalah blueberry karena kandungan antioksidannya yang lebih tinggi. [syahid/voa-islam.com]


latestnews

View Full Version