View Full Version
Selasa, 08 Jun 2010

Iran Akan Kawal Kapal Armada Kebebasan Selanjutnya

Angkatan Laut Iran akan keluarkan semua kapasitas dan kemampuan untuk menjaga kafilah perdamaian yang akan menembus Jalur Gaza

Hidayatullah.com--Penasehat Presiden Turki, Irsyad Hermozul, Senin (7/6) menyambut baik permintaan Iran untuk mengawal bantuan kemanusiaan selanjutnya yang akan menuju Gaza. Keinginan Iran ini mengingat telah terjadinya peristiwa berdarah di atas kapal Mavi Marmara yang merupakan rombongan kafilah armada kebebasan pada 31 Mei dini hari pekan lalu. Demikian dilansir Al Arabiya.net (7/6).

Kepada Al Arabiya, Hermozul mengatakan bahwa usulan Iran untuk mengawal kapal armada kebebasan ini adalah memang keinginan Iran sendiri.

Perwakilan dari Pemimpin Iran Ayatullah Ali Khamenei mengatakan, pasukan elit revolusi Iran siap untuk memberikan pengawalan militer kepada kapal kargo yang berusaha membuka blokade Israel atas Jalur Gaza.

Ali Shirazi, wakil dari Khamenei mengatakan bahwa Angkatan Laut Iran akan mengeluarkan semua kapasitas dan kemampuan mereka untuk menjaga kafilah perdamaian yang akan menembus Jalur Gaza.

Sedangkan Israel menilai apa yang dilakukan Iran adalah tindakan yang sangat provokatif. Bahkan Israel menuduh Iran telah memasok senjata kepada Hamas.

Syirazi mengatakan, Iran akan terus melakukan upaya-upaya internasional lebih lanjut untuk dapat membuka blokade Israel terhadap Jalur Gaza.

Sementara itu Perdana Menteri Benjamin Netanyahu menyatakan akan terus mencegah masuknya kapal apapun ke Jalur Gaza. [sdz/aby/hidayatullah.com]


latestnews

View Full Version