View Full Version
Selasa, 29 Jun 2010

Ilmuwan Iran Temukan Usia Menopouse

Jika sukses, ilmuwan bisa memperkirakan kapan perempuan akan masuk masa menopause

Hidayatullah.com--Sejumlah pakar kesehatan dari Iran berhasil menemukan formulasi untuk menentukan kapan waktu menopause tiba. Pada penelitian yang dipresentasikan hari Senin (28/6) di sebuah konferensi fertilitas Eropa di Roma, para ahli mengatakan penelitian pendahuluan di Iran itu bisa menjadi langkah pertama untuk mengembangkan sebuah alat untuk membantu wanita memutuskan kapan mereka ingin memiliki anak.

Dr Ramezani Tehrani, seorang profesor ilmu kesehatan Universitas Shahid Beheshti Teheran, yang memimpin penelitian, menyatakan, "Jika model kita divalidasi, lalu perempuan berusia 20-an bisa melakukan tes darah dan kami dapat menyediakan perkiraan yang baik bagi mereka tentang waktu datangnya menopouse, sehingga mereka bisa lebih gampang merencanakan untuk mempunyai anak dan seterusnya."

Dalam uji coba itu, ilmuwan Iran mengambil sampel darah dari 266 perempuan berusia 20 hingga 40 dan mengukur jumlah hormon anti-mullerian, atau AMH, dalam tubuh mereka.

Pengujian jumlah AMH pada wanita memberitahu dokter berapa banyak telur yang tertinggal dalam ovarium.

Dua sampel darah diambil pada enam tahun berikutnya dan pemeriksaan fisik juga dilakukan.

Berdasarkan jumlah AMH, ilmuwan menggunakan model matematis untuk memperkirakan kapan perempuan akan masuk ke menopause. Prediksi para peneliti akurat dalam waktu empat bulan. Studi ini dimulai pada tahun 1998 dan terus diperbarui hingga saat ini. [irb/hidayatullah.com]


latestnews

View Full Version