View Full Version
Selasa, 05 Oct 2010

Suriah Gelar Kontes Adzan untuk Geser 500 Muadzin

Memilih orang yang memiliki suara indah untuk menjadi muadzin, adalah salah satu sunnah Rasulullah

Hidayatullah.com--Dalam beberapa bulan mendatang, kota Aleppo, bagian utara Suriah, akan menggantikan sekitar 500 muadzin yang suaranya dianggap kurang bagus oleh Direktorat Waqaf. Mereka itu akan digantikan oleh para pemenang dalam kontes muadzin yang akan diadakan pada hari Sabtu mendatang. Demikian dilaporkan oleh Al-Arabiya.net (4/10).

Kepada Al-Arabiya.net, Direktur Direktorat Waqaf, Dr. Mahmud Abu Huda al-Husaini menjelaskan bahwa kontes muadzin tersebut adalah gagasan dia yang telah direncanakan sejak bulan lalu. Ia juga mengimbau bagi siapa saja yang memiliki suara bagus, agar berpartisipasi dalam kontes tersebut.

Aleppo adalah kota terbesar di Suriah, dengan jumlah penduduk balighnya lebih dari 3 juta orang. Dari sekitar seribu masjid yang mengumandangkan adzan, namun tidak semua suara muadzinnya enak untuk didengar.

Dr. Mahmud mengatakan, ide untuk mengadakan kontes muadzin itu tidak akan muncul, kecuali setelah adanya keluhan-keluhan dari masyarakat. Oleh karena itulah, ia berniat untuk menyelesaikan perkara ini. Hal ini mengingat adzan adalah panggilan untuk shalat, maka tentunya harus dengan panggilan yang disukai pendengarnya.

Dr. Mahmud juga menyebutkan bahwa Nabi Muhammad SAW memilih Bilal ra. sebagai muadzin, karena suaranya yang paling indah dan paling kuat di antara para sahabat. Oleh karena itulah, memilih orang yang memiliki suara indah untuk menjadi muadzin, adalah salah satu sunnah Rasulullah. [sdz/aby/hidayatullah.com]


latestnews

View Full Version