View Full Version
Senin, 15 Oct 2012

Turki Larang Pesawat Sipil Suriah Lintasi Wilayahnya

 


 

Senin, 15 Oktober 2012

Hidayatullah.com--Pada hari Ahad (13/10/12), Turki mengumumkan larangan terbang bagi semua pesawat Suriah untuk melintas di wilayah udara Turki. Keputusan ini diambil setelah beberapa hari lalu pesawat sipil Suriah tertangkap oleh Turki tengah membawa amunisi dan senjata buatan Rusia.

Menjawab pertanyaan wartawan di tengah kunjungannya di kota Konya, pusat Turki, Menteri Luar Negeri Turki, Ahmet Davutoglu mengatakan, "Kami telah menutup hari Sabtu kemarin wilayah udara kami untuk penerbangan pesawat sipil Suriah, seperti yang kami lakukan sebelumnya terhadap pesawat militer Suriah."

Ia menambahkan, "Karena kami menyimpulkan bahwa penerbangan sipil Suriah telah digunakan secara buruk oleh Departemen Pertahanan Suriah, hingga membawa peralatan militer."

Pengumuman ini datang setelah sehari dari pernyataan bahwa Turki tanpa ragu-ragu akan membalas jika Suriah melanggar perbatasannya.

Sebelumnya, pemerintah Suriah pada hari Sabtu lalu telah menyatakan kesiapannya untuk membentuk komite keamanan, guna berkomunikasi secara langsung dengan Turki. Demikian dilansir Aljazeera (14/10/12).*

Rep: Ahmad Sadzali
Red: Dija


latestnews

View Full Version