View Full Version
Senin, 28 Jan 2013

Al Qaradhawi: Para Sahabat Tak Perlu Rayakan Maulid


 

Senin, 28 Januari 2013

Hidayatullah.com--Ketua Persatuan Ulama Internasional, Syaikh Yusuf Qaradhawi, dalam khutbah shalat Jum'at (25/1/13), di Masjid Al-Azhar, Kairo, mengingatkan bahwa peringatan maulid Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam masa kini sangat penting sekali bagi umat. Hal ini mengingat jarak masa umat Islam sekarang jauh dari masa hidup Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam dulu.


Syaikh Qaradhawi menjelaskan, dulu para Sahabat mungkin tidak perlu merayakan peringatan maulid Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam karena mereka bertemu langsung dengan Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam. Mereka mengetahui persis pribadi Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam.

"Para Sahabat bahkan menghafal pribadi Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam, sama seperti menghafal al-Quran," tutur Syaikh Qaradhawi.

Lebih lanjut, Syaikh Qaradhawi menjelaskan bahwa yang kita peringati sebenarnya bukanlah hari kelahiran Rasulullah SAW, melainkan pribadi beliau yang mulia. Umat perlu mengingat dan mengetahui kepribadian Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam, karena beliau merupakan suri tauladan yang baik.

Kepribadian Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam tidak pernah ditutupi sedikitpun, tidak seperti manusia lainnya yang memiliki sisi dari kepribadiannya yang tersembunyi. Semua orang tahu bagaimana pribadi Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam, mulai dari beliau lahir hingga wafat. Ini merupakan salah satu keistimewaan kepribadian Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam.

Di khutbah kedua, Syaikh Yusuf Qardhawi menyinggung tentang revolusi Mesir yang memang bertepatan peringatannya pada tanggal 25 Januari. Menurut Syaikh Qaradhawi, revolusi Mesir ini merupakan nikmat Allah yang sangat besar bagi seluruh rakyat Mesir. Selain itu, beliau juga menghimbau persatuan bagi seluruh rakyat Mesir, tanpa membedakan kelompok Ikhwanul Muslimin, Salafi, Liberal, Kristen, dan lain sebagainya.

 

Rep: Ahmad Sadzali
Red: Thoriq


latestnews

View Full Version