View Full Version
Selasa, 11 Jun 2013

Yayasan Bill Gates Beli Saham G4S

 


 
 

Selasa, 11 Juni 2013

Hidayatullah.com—Kendaraan investasi dan yayasan Bill Gates, Cascade Investment dan Bill & Melinda Gates Foundation, menyisihkan dana sebesar 16 juta pound untuk membeli saham G4S hari kamis lalu untuk menambah kepemilikan mereka di perusahaan sekuriti itu menjadi 3,2 persen, lansir The Telegraph (10/6/2013).

Pembelian saham tambahan oleh Bill Gates itu dinilai akan meningkatkan kembali pamor G4S setelah terpuruk akibat gagal memberikan menyediakan petugas keamanan yang cukup selama penyelenggaraan Olimpiade di London Juli 2012.

Pekan kemarin, jajaran petinggi G4S menjalani pertemuan tahunan yang berat, di mana mereka berulangkali dicecar pertanyaan tentang kontrak-kontrak dengan tiga penjara Israel di wilayah Palestina yang dijajah dan tentang kematian warga Angola Jimmy Mubenga pada tahun 2010.

Meskipun mendapat protes, direktur pelaksana G4S yang baru, Ashley Almanza, bersikeras mengatakan dalam pertemuan yang ramai itu bahwa berdasarkan sebuah studi independen perusahaannya tidak melanggar aspek apapun dari “hukum kemanusiaan internasional”.

Ini bukan pertama kalinya Yayasan Bill & Melinda Gates membeli saham dari perusahaan-perusahaan yang mendapat kecaman keras dari publik. Organisasi sosial itu memiliki saham di perusahaan minyak BP dan Exxon Mobil yang keduanya dikecam karena tumpahan minyak yang mencemari lingkungan hidup.

Sebelumnya, Bill Gates juga sudah pernah menanamkan investasinya di perusahaan Inggris seperti Carpetright, Diageo dan JJB Sports.*

Rep: Ama Farah
Red: Dija


latestnews

View Full Version