View Full Version
Jum'at, 14 Jun 2013

Hariri: Hizbullah Membahayakan Libanon Hariri: Hizbullah Membahayakan Libanon


 
 

Jum'at, 14 Juni 2013

Hidayatullah.com—Mantan perdana menteri Libonon Saad Hariri menuding pemimpin kelompok Syiah bersenjata Hizbullah, Hassan Nasrallah, membahayakan keamanan Libanon dengan “menyeret” negara itu ke dalam konflik regional.

“Negara kita, rakyat tercinta, berada dalam bahaya,” kata Hariri dalam pernyataannya yang dirilis hari Kamis (13/6/2013), lansir Al-Arabiya.

Saat ini, kata Hariri, Libanon sedang berada diambang bencana yang mengancam keragaman nilai-nilai budaya dan agama yang dimilikinya.

Hariri menilai Hizbullah melanggar undang-undang dan semua prinsip yang mengatur kehidupan berbangsa dan bernegara Libanon, dengan semaunya sendiri mengirim ribuan pasukan ke Suriah untuk membantu rezim Bashar al-Assad.

Tidak hanya itu, Hizbullah juga seenaknya sendiri menjadikan dirinya sebagai lembaga legislatif, di mana kelompok itu mengeluarkan “fatwa” dengan alasan mempertahan tempat-tempat keramat Syiah yang berada di luar negeri.

Selama bertahun-tahun rakyat selalu menganggap Zionis Israel sebagai biang kerok masalah di dalam negeri Libanon. Namun sekarang kata Hariri, tidak hanya Zionis yang menjadi biang masalah, tetapi juga Hizbullah menimbulkan bahaya dari dalam negeri Libanon.

Bahaya nyata bagi Libanon saat ini berada di lapisan politik, imbuh Hariri, di mana Hizbullah memiiki peran besar di dalamnya.

Sebagaimana diketahui, Hizbullah saat ini merupakan bagian dari pemerintahan koalisi di Libanon.*

Rep: Ama Farah
Red: Dija


latestnews

View Full Version