View Full Version
Ahad, 16 Aug 2009

Enam Pedang Nabi Muhammad Dipamerkan di Sidoarjo

 

Sidoarjo (voa-islam) Menyambut bulan suci Ramadan, enam pedang Nabi Muhammad SAW, dipamerkan di Convention Hall Sun City Sidoarjo, Jawa Timur. Pameran ini merupakan hasil kerja sama Piramid Commucation dengan Kedutaan Besar Turki.

Enam pedang nabi tersebut bernama Dzu Al Faqar, Al Qadib, Al Rasub, Al Battar, Al Ma'thur, dan Al Qol'i. Selain pedang nabi, busur panah dan terompa (alas kaki) Nabi Muhammad saat berjalan dari masjid Al Aqsa juga ikut dipamerkan.

Second Secretary Kedutaan Besar Turki, Ali Kilicarslan Topuz menyatakan pedang-pedang Nabi yang dipamerkan, adalah persenjataan yang dulu digunakan dalam peperangan.

"Jumlah pedang Nabi yang masih tersimpan di Istana Topkapi Istambul Turki berjumlah sembilan buah, beserta barang peninggalan Nabi lainnya. Semuanya masih tersimpan rapi dan terjaga," ujar Ali.

Pameran ini, lanjutnya, bertujuan untuk memberikan pengetahuan lebih baik kepada masyarakat Indonesia akan sejarah Islam, terutama di wilayah Eropa. "Banyak masyarakat Indonesia yang belum mengetahui tentang perkembangan Islam di Eropa," tukasnya.

Sementara itu, Humas Convention Hall Sun City Sidoarjo Ovi Sofianti menyatakan pameran dibuka sejak kemarin hingga H-2 Idul Fitri. "Pameran berlangsung selama 40 hari," ujarnya.

Koleksi yang dipamerkan dalam acara ini beberapa di antaranya bukanlah barang asli, melainkan hanya replika. Tiket masuk ke ruang pamerang dibandrol Rp10.000 untuk setiap pengunjung.

(Abdul Rouf/Koran SI/ful/rojul/okz)

 


latestnews

View Full Version