View Full Version
Senin, 26 Oct 2009

Calon Jamaah Haji Jangan Memforsir Tenaga

Bekasi (voa-islam) - Ibadha haji merupakan ibadah yang 80 persen mengandalkan ketahanan fisik, oleh karenanya para calon jama'ah haji diharapkan menjaga kesehatan, istirahat cukup, dan makan teratur. Demikian yang dipesankan Penghubung Bidang Kesehatan Panitia Penyelenggaraan Ibadah Haji (PPIH) Daerah Kerja Makkah, Raymond Andreas, seperti dimuat laman Departemen Agama.

Banyaknya acara-acara sebelum keberangkatan ke tanah suci bisa menguras tenaga para calon jamaah. Menforsir tenaga untuk acara-acara semacam ini bisa mengganggu kesehatan para calon jama'ah sehingga pelaksanaan ibadah haji tidak maksimal.

Masih menurut Raymond, istarahat yang cukup mutlak diperlukan. Begitu juga pada saat jamaah sudah berada di Tanah Suci. "Jangan mentang-mentang merasa kuat, lalu memforsir diri untuk melakukan ibadah tanpa istirahat," tambah dia.

Dari berbagai kasus yang ditemukan, umumnya jamaah ambruk dan sakit berat karena kurang mempertimbangkan faktor istirahat.

Bahkan, sebagian besar kasus kematian mendadak jamaah, juga dipicu oleh kelelahan fisik yang berlebihan dan gagal jantung.

"Dari pengalaman saya menangani jamaah sejak tahun 2002, riwayat kematian mendadak umumnya terjadi pada jamaah yang pulang umrah dan mengalami kelelahan fisik yang berlebihan," kata Raymond. (PurWD/vv)


latestnews

View Full Version