View Full Version
Kamis, 21 Jul 2011

Milad MUI ke-36 akan Membedah 25 Persoalan Umat

Jakarta (voa-islam) -  Dalam rangka Milad ke-36, Majelis Ulama Indonesia (MUI) akan menggelar berbagai kegiatan di Hotel Sultan dan Twin Plaza Hotel, Jakarta.. Salah satunya mengadakan seminar. Acara tersebut berlangsung mulai tanggal 25-27 Juli 2011 mendatang. Lebih dari 25 makalah akan dijadikan topic pembahasan actual mengenai berbagai masalah agama, kemasyarakatan dan kenegaraan, Peluncuran dan sosialisasi fatwa Pertambangan Ramah Lingkungan.   

“MUI akan melibatkan para ahi. Pembahasan tersebut antara lain, meliputi perspekstif sosial budaya, fatwa dan hukum Islam, landasan sertifikasi halal, bidang syariah, sosial politik, hingga perspektif MUI dan demokrasi di Indonesia,”Ketua MUI KH. Ma’ruf Amin.

Beberapa ahli dari kalangan ulama, cendekiawan dan zuama yang hadir sebagai pembicara dalam seminar tersebut antara lain: KH. Hasyim Muzadi, Prof. Dr. H. Atho Muzhar, Dr.H. Wahiduddin Adamas, Dr. H. Syafii Antonio, Prof. Dr. Bachtiar Effendi dan sebagainya.

Dalam rangkaian Milad tersebut akan disosialisasikan fatwa sebagai Penjelasan UU No.32/2009 tentang Lingkungan Hidup (LH), Pertambangan di Indonesia dan Dampaknya terhadap LH, Eco-Masjid: Pengelolaan LH dan SDA Berbasis Masjid, Pembahasan: Khotbah Perlindungan dan Pengelolaan LH dan SDA, serta Pembentukan Lembaga PLH & SDA di MUI Provinsi.

Lebih lanjut, KH Ma’ruf Amin menyatakan, Milad MUI ke-36 kali ini akan dijadikan momentum untuk melakukan refleksi (muhasabah) bagi seluruh komponen di MUI. “Setelah berkhidmat selama 36 tahun, tentu kami harus melakukan perenungan dan refleksi diri mengenai apa yang sudah dilakukan MUI untuk umat serta apa yang belum dilakukan,” ungkap KH. Ma’ruf Amin.

MUI merupakan wadah atau majelis yang menghimpun para ulama, zuama, dan cendekiawan muslim Indonesia untuk menyatukan gerak dan langkah-langkah umat Islam Indonesia dalam mewujudkan cita-cita bersama. MUI berdiri pada tanggal 7 7 Rajab 1395 H, atau bertepatan pada tanggal 26 Juli 1975 di Jakarta, sebagai hasil dari pertemuan atau musyawarah para ulama, cendekiawan dan zu’ama dari berbagai penjuru Tanah Air.

Agenda lain yang tak kalah penting berkaitan dengan Milad tersebut adalah sosialisasi fatwa penambangan ramah lingkungan yang akan berlangsung pada 27 Juli 2011 di Hotel Sultan, Jakarta. Pada acara tersebut, selain akan diadakan diskusi panel, diantaranya akan hadir sejumlah pembicara, diantaranya: Menteri Lingkungan Hiduo Prof. Dr. Gusti Muhammad Hatta, Prof. Dr. Emil Salim, Prof. I. Rachmat Witoelar (Dewan Nasionak Perubahan Iklim). Desastian

 


latestnews

View Full Version